2019, Bantuan Modal UMKM Pertamina Sulawesi Capai Rp15 Miliar

Pena News673 views

PENASULTRA.COM, KENDARI – PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VII kembali menyalurkan bantuan modal Program Kemitraan (PK) bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebesar Rp1,1 Milyar.

Kali ini, penyaluran modal bantuan program kemitraa dilaksanakan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu 4 Desember 2019 lalu.

Unit Manager Communication & CSR Marketing Operation Region (MOR) VII, Hatim Ilwan mengatakan, penyaluran bantuan tersebut sengaja menyasar UMKM-UMKM yang berasal dari Sultra. Sebab, bantaun modal di Sultra masih tergolong minim.

“Oleh karena itu kami akan gencarkan sosialisasi terutama di daerah Sultra dan Sulawesi Tengah,” kata Hatim melalui rilis persnya, Sabtu 7 Desember 2019.

Menurutnya, penyaluran bantuan ini menggenapkan total bantuan modal yang telah digelontorkan oleh Pertamina MOR VII di tahun 2019 menjadi lebih dari Rp15 Milyar.

“Pencapaian ini meningkat sebesar Rp4 Milyar dari penyaluran tahun 2018 lalu yang menyentuh angka Rp11 Milyar. Atau angkanya naik lebih dari 35 persen,” ujar Hatim.

Cakupan wilayah penyaluran bantuan modal program kemitraan 2019 ini, kata Hatim, juga mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan penyaluran tahun 2018.

“Pada 2018, penyaluran bantuan modal PK meliputi 15 kota kabupaten di empat provinsi dengan jumlah mitra binaan sebanyak 196 orang. Sedangkan di 2019, penyaluran bantuan modal meningkatkan menjadi 25 kota kabupaten di lima provinsi dengan jumlah mitra binaan sebanyak 230 orang,” bebernya.

Hatim berharap, akan semakin banyak mitra binaan UMKM yang bergabung dalam program kemitraan Pertamina. Apalagi, bantuan ini mempunyai banyak keuntungan, salah satunya adalah UMKM yang telah menjadi mitra binaan Pertamina berkesempatan untuk mengikuti pameran di tingkat Nasional dan Internasional.

Selain itu, mitra binaan Pertamina juga berkesempatan untuk mengikuti berbagai pelatihan yang diadakan oleh Pertamina.

“Formulir dan informasi lengkap bisa dilihat langsung di website resmi Pertamina dengan alamat www.pertamina.com/id/pkb. Kami berharap dapat menyalurkan lebih banyak lagi bantuan modal di tahun 2020,” tutupnya.

Untuk diketahui, penyaluran bantuan program kemitraan pertamina kali ini di diberikan kepada 12 mitra binaan UMKM yang sebagian besar berasal dari Sultra, yaitu lima orang dari Kabupaten Konawe, satu orang dari Kolaka dan satu orang dari Kolaka Timur.

Sedangkan lima orang lainnya berasal dari Sulsel dengan rincian sua orang dari Kota Makassar, dua orang dari Kabupaten Toraja Utara dan satu orang dari Kabupaten Gowa.

Penulis: Yeni Marinda