Dukung Produk Halal, UM Kendari Launching Halal Center

PENASULTRA.COM, KENDARI – Universitas Muhammadiyah (UM) Kendari menggelar acara peluncuran Halal Center (HC) dan pelatihan pendampingan proses produk halal yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Plaza In Kendari pada Selasa, 29 Juni 2022.

Pendirian Halal Center di lingkungan PTM-A merupakan langkah serius mendukung visi besar pemerintah yang ingin mewujudkan Indonesia sebagai pusat halal dunia. UM Kendari  turut serta dalam langkah ini, melalui peluncuran Halal Center, UM Kendari menegaskan bahwa keikutsertaanya mendukung upaya tersebut melalui institusi pendidikan.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan proses sertifikasi halal, UM Kendari bekerjasama dengan Bank Indonesia, Badan penyelenggara jaminan produk halal RI, Satgas Halal Kemenag Sultra, Forum UMKM Kab Kolaka Timur, dan Block Smart Kendari

Agenda kegiatan yang berlangsung akan terlaksana pada 28 Juni – 1 Juli 2022 itu diisi oleh sederet pemateri yang berkompeten di bidangnya dan di ikuti oleh 50 peserta dari berbagai Kabupaten dan Kota di Sulawesi Tenggara.

Anwar Said, S.Si., M.Pd., selaku Ketua Panitia Kegiatan menjelaskan Kurikulum Pelatihan pendamping PPH sertifikasi halal jalur self declare menggunakan rujukan Keputusan Kepala BPJPH nomor 135 Tahun 2021 tentang pedoman pelatihan pendamping PPH yang terdiri dari 7 materi dan 1 kegiatan pre test & post test yang telah kami laporkan sebelumnya kepada BPJPH RI terkait pelaksaan kegiatan pelatihan pendamping PPH tersebut.

“Sampai dengan hari ini tanggal 28 Juni 2022 jumlah pelaku usaha mikro dan kecil yang telah kami verifikasi dan validasi berjumlah 43 UKM dengan daftar antrian sebanyak 163 UKM”, jelas Anwar Said.

Kegiatan launching ini dihadiri oleh Dr. A.Umar Kepala Pembinaan dan pengawasan Produk Halal Kementerian Agama RI, Rektor UM Kendari Amir Mahmud, S.Pi. M.P., dan Herdianto Husei, S.E.,M.Si Kepala LP3M Sekaligus Kepala Halal Center UMKendari melalui Platform aplikasi Zoom meeting, juga turut hadir Aryo Wibowo T. Praseptio Deputi kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tenggara  dan Wakil Rektor II UM Kendari Dr. Hj.Hartati, M.Si. yang berkesempatan membuka Launcig Halal Center (HC) Universitas Muhammadiyah Kendari.

Editor: Husain