oleh

Bawaslu Sultra Mulai Usut Keterlibatan ASN Saat Kampanye Jokowi

PENASULTRA.COM, KENDARI – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan memeriksa sejumlah kepala daerah dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Sultra yang hadir saat kampanye Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu di Kendari.

Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu mengatakan, pihaknya sudah mengintruksikan ketua Bawaslu kabupaten dan kota sampai dengan Panwascam untuk menyelidiki kehadiran para kepala daerah dalam kampanye Capres 01 tersebut.

Baca Juga:  Relawan Bidik 300 Ribu Rumah Sosialisasi Kartu Sakti Jokowi

“Khusus kaitannya dengan penggunaan fasilitas negara dan ada atau tidaknya mobilisasi ASN dan kepala desa untuk hadiri kegiatan kampanye kemarin,” ungkap Hamiruddin Udu, Ketua Bawaslu Sultra, Senin 4 Maret 2019.

Dari hasil investigasi yang dilakukan, kata Hamiruddin, pihaknya telah memperoleh beberapa informasi terkait dugaan pelanggaran Pemilu. Di antaranya terkait penggunaan fasilitas negara dan dugaan mobilisasi ASN. Namun begitu, pihaknya masih memerlukan pendalaman lebih lanjut serta bukti tambahan.

Baca Juga:  Sidang Etik Penyelenggara Pemilu yang Masuk Tempat Hiburan Dihentikan

“Bukti tambahan itu saat ini sementara dikumpulkan melalui mekanisme investigasi,” sebutnya.

Selanjutnya, Bawaslu Sultra mengagendakan bakal memanggil beberapa saksi untuk dimintai keterangan dalam waktu dekat ini.

“Nama-nama yang akan dimintai informasi, kami belum bisa sebutkan pada kesempatan ini,” tukasnya.(b)

Penulis: Sal
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED