oleh

Brimob Polda Sultra Bangun Tugu Monumen Perjuangan di Konawe Utara

PENASULTRA.COM, KONUT – Satuan Brigade Mobil (Brimob) Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) akan membangun tugu perjuangan di Konawe Utara.

Tugu perjuangan ini akan dibangun untuk mengenang perjuangan brimob saat menumpas gerakan DI/TII pimpinan Kahar Muzakar di Desa Nunulai Kecamatan Asera Kabupaten Konawe Utara.

“Kedepan kami akan membersihkan bekas-bekas amunisi yang ditinggalkan saat itu di daerah ini. Kemungkinan masih berbahaya. Itu yang akan dibersihkan oleh Tim Gegana,” kata Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sultra, Kombes Pol Joni Afrizal Syarifuddin, seusai peletakan batu pertama pembangunan monumen Brimob di Desa Nunulai, Sabtu 14 September 2019.

Baca Juga:  Ruksamin: CPNS Konut Wajib Domisili di Konut

Joni Afrizal berharap proses hibah lahan dari warga untuk lokasi pembangunan tugu tersebut bisa dipercepat. Mengingat rencana percepatan pembangunan monumen sekaligus rencama pemusatan kegiatan HUT Brimob 14 November 2019 di lokasi itu.

Bupati Konawe Utara Ruksamin tampak menyambut baik rencana tersebut. Ia mengaku, warga desa akan memberikan hibah lahan untuk lokasi tersebut. Ia berharap monumen ini bisa menjadi kenangan sejarah bahwa di Konut menjadi saksi perjuangan Brimob membela NKRI.

Baca Juga:  Lelang Blok Matarape Batal, ESDM Sultra Diminta Hilangkan Kebiasaan Obral Perizinan

Dalam kegiatan itu masyarakat yang diwakili oleh Kepala Desa Asemi Nunulai menyerahkan surat penyerahan hibah tanah dari warga kepada kesatuan Brimob seluas 33,2478 Ha.(b)

Penulis: Iwan
Editor: Kas

NEWS FEED