oleh

Dekranasda Bombana Pamerkan Kain Tenun Lokal di Jakarta

PENASULTRA.COM, BOMBANA – Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, mengikuti paneran Dekranas di auditorium Kementerian Pertahanan (Kemnhan) RI Jakarta, Jumat 28 September 2018.

Dalam pameran tingkat nasional kali ini, Dekranasda Bombana memamerkan dua motif kain tenun Bombana. Yakni, motif sosoronga dengan motif Bosu-bosu (renda-renda) dan Burisininta (motif daun pakis).

Ketua Dekranasda Kabupaten Bombana Andi Nirwana, mengungkapkan bahwa motif sosorongan kain tenun lokal suku moronene ini terinsprirasi dari tanaman khas yang tumbuh di Bombana.

Baca Juga:  Warga Pemilik Lahan Ancam Blokir Aktivitas PT Tambang Bumi Sulawesi

“Kami dari Dekranasda Bombana hadir dengan memperkenalkan dua motif sosoronga yang telah kami kembangkan selama ini,” kata Andi Nirwana pada PENASULTRA.COM, Sabtu 29 September 2018.

Wanita berhijab ini mengatakan, proses pengembangan motif sosoronga itu tidak mudah. Karena melewati sejumlah proses kreasi hingga motif tenun tersebut benar-benar di terima oleh masyarakat Sultra. Dalam kesempatan tersebut, Andi Nirwana berharap motif asal Bombana ini bisa terkenal di berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga:  Keributan di Ruang Rapat DPRD Bombana Tuai Kecaman

“Untuk pengembangan motif ini kita akan meningkatkan kualitas tenun dan memenuhi benang sebagai bahan dasar tenunan dengan pewarnaan yang tepat sehingga bisa dinaksir darah lain bahkan di tingkat Nasional,” harapnya.(b)

Penulis :Zulkarnain
Editor: Kas

NEWS FEED