oleh

Jelang Pilkada, Disdukcapil Konut Maksimalkan Perekaman e-Ktp

-Pena Daerah-521 views

PENASULTRA.COM, KONAWE UTARA –
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Konawe Utara (Konut) mulai lakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) ke sejumlah sekolah dan kecamatan.

Kepala Disdukcapil Konut, Mili menyebutkan, sampai pada Desember tahun ini, masih terdapat sekitar 7 persen penduduk yang belum dilakukan perekaman e-KTP.

“Yang sisa 7 persen itu diprediksi yang belum cukup umur belum memiliki KTP atau belum merekam,” kata Mili saat ditemui diruang kerjanya baru-baru ini.

Disebutnya, rata-rata penduduk yang belum didata yaitu pemilih pemula yang sudah berumur 17 tahun. Sehungga pihaknya berkoordinasi ke beberapa sekolah untuk dilakukan perekaman.

“Dalam artian bisa sebelum berusia 17 tahun kita merekam memang simpan datanya, setelah berusia 17 tahun kita akan terbitkan KTP-nya,” ucapnya.

Pada Pilcaleg 2019 kemarin, tambah Mili, penduduk yang sudah memiliki e-KTP berjumlah 43 ribu jiwa. DPT tambahan sekitar 800 orang, namun belum melakukan perekaman.

“Mulai januari 2020 kita akan melakukan jemput bola, artinya kita akan turun langsung di kecamatan dan desa-desa yang ada di Konut untuk melakukan perekaman. Tapi sebelum kami turun kami akan surati mereka,” tuturnya.

“Targetnya nanti ini untuk persiapan Pilkada 2020 September nanti jangan sampai masih ada anak-anak kita tidak terekam dan belum memiliki Ktp nanti akan hilang hak pilihnya,” tutupnya.

Penulis: Iwan
Editor: Faisal

NEWS FEED