oleh

Prof Zamrun: Pengembangan Teknologi Harus Berbasis Kearifan Lokal

PENASULTRA.COM, KENDARI – Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Prof Muhammad Zamrun berharap jurusan Vokasi dan Arsitekur Teknik UHO dapat melakukan penelitian dan pengembangan teknologi yang menunjang pembangunan di pedesaan tetap mempertimbangkan kearifan lokal.

“Saya harapkan, agar teknologi tidak musnahkan kearifan lokal yang ada di Sulawesi Tenggara,” kata Zamrun saat menghadiri seminar nasional gabungan jurusan Vokasi dan Arsitektur Teknik UHO di Grand Clarion Hotel Kendari, Sabtu 1 Desember 2018.

Baca Juga:  Orientasi CPNSD Kota Kendari Ditutup, Ini Kata Sulkarnain

Dalam seminar dengan tema Teknologi Terapan Berbasis Kearifan Lokal ini, Zamrun berpesan agar teknologi tetap mempertahankan kearifan lokal. Agar bisa meningkatkan pembangunan masyarakat.

Pembicara lainnya, Kasubdit Pendidikan Vokasi dan Profesi Kemenristekdikti Republik Indonesia (RI) Edi Mulyono menegaskan agar setiap kampus termasuk UHO dapat menerapkan sistem tiga dua satu yang mengacu pada program pendidikan tinggi tentang pendidikan vokasi. Yakni, menerapkan tiga semester di kampus, dua semester mengikuti magang didunia industri serta satu semester belajar dan menyelesaikan tugas akhir.

Baca Juga:  Pendais Haq: Pengelolaan Bidikmisi UHO Telah Sesuai Prosedur

Lulusan vokasi lanjut dia, wajib memiliki ijazah dan sertifikat kompetensi.

“Ketika dilapangan yang paling pokok ditanyakan adalah sertifikat Kompetensi. Dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi para peneliti,” tambahnya.(b)

Penulis: Bima Lotunani
Editor: Yeni Marinda

NEWS FEED