oleh

Putra Bupati dan Mantan Sekot Kendari Masuk 3 Besar Penjaringan Wawali

PENASULTRA.COM, KENDARI – Setelah menyeleksi 10 nama calon wawali Kendari, Tim Uji Kompetensi oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kendari mengumumkan tiga nama yang lolos tes fit and proper test sebagai calon wawali Kendari sisa masa jabatan 2017-2022.

Ketua tim fit and proper tes cawawali Kendari dari PKS, Yaudu Salam Ajo mengatakan dari 10 nama yang mengikuti tes, timsel memutuskan tiga nama yang lolos.

“Alhamdulillah setelah kita melakukan fit and proper test sampai memutuskan tiga nama yang lolos tes, ketiga nama tersebut nantinya akan kami serahkan ke DPW PKS Sultra untuk dilanjutkan secara aturan partai,” ungkap Yaudu Salam Ajo.

Yaudu menjelaskan proses fit and proper test yang dilakukan oleh PKS ini pada dasarnya mengedepankan beberapa kriteria indikator penilaian yang sesuai aturan partai.

Baca Juga:  Temui Massa Aksi, Kejadian Ini Nyaris Menimpah Wali Kota Kendari

“Ada enam indikator penilaian tim seleksi tentukan yaitu pengetahuan leadership, kedua penguasaan masalah-masalah di Kota Kendari, ketiga penguasaan tugas dan fungsi sebagai wakil walikota, keempat pengalaman prestasi akademik khsususnya pemerintahan dan politik, kelima kemampuan dalam bediskusi, keenam komitmen dengan program-program keumatan yang harmonisasi dengan kegiatan PKS,” ulasnya.

Sementara itu, Sekretaris DPW PKS Sultra, La Ode Muhamad Dasna menjelaskan pihaknya telah menerima tiga nama yang disodorkan oleh tim seleksi dan selanjutnya akan ditindaki lebih lanjut sesuai mekanisme partai.

“Kita sudah terima tiga nama yakni Alamsyah Lotunani (mantan Sekot Kendari), Adi Jaya Putra (anak Bupati Konsel), dan Al Jabar. Kemudian kami akan melakukan rapat sambil kita komunikasikan dengan DPP. Sebab dari tiga nama ini akan mengerucut sampai satu nama,” kata Dasna.

Ia berharap kepada DPP PKS agar mempercepat proses penentuan satu nama cawawali untuk selanjutnya akan disampaikan ke partai koalisi pemerintah.

Baca Juga:  PKS Buka Penjaringan Isi Kekosongan Kursi Wawali Kendari

“Kita berharap dalam waktu dua hingga tiga hari ini hasilnya akan ada. Satu nama yang disodorkan oleh DPP PKS untuk kami sampaikan ke partai koalisi sehingga proses penentuan cawawali ini segera tuntas tentunya,” pungkas Dasna.

Sebelumnya sepuluh nama yang mendaftar, hanya delapan yang mengikuti tes fit and proper test yang dilakukan sejak 13 sampai 14 Juni di Hotel Zahra Kendari.

Ada delapan orang yang mengikuti tes yakni, Sarlin Samsudin, Silsiani Musralim, Ld. Andi Pili, Adnan Husaini, Alamsyah Lotunani, Adi Jaya Putra, Zainal Arifin, Hs Al Jabar, dan yang dinyatakan lulus sesuai indikator penilaian adalah Alamsyah Lotunani, Adi Jaya Putra, dan HS Al Jabar.(a)

Penulis: Clara Sinthia
Editor: Bas

NEWS FEED