oleh

Siswa SMKN 2 Raha Raih Juara 1 Lomba Kelistrikan se-Sulawesi Tenggara

-Pena Pendidikan-1.358 views

PENASULTRA.COM, KENDARI – Salah satu siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Raha berhasil meraih peringkat 1 (satu) dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Ia adalah La Ode Muhammad Yunus siswa kelas XII yang berhasil menyisihkan sejumlah siswa lainnya dalam ajang lomba khusus sekolah kejujuran se Sulawesi Tenggara yang digelar di SMKN 2 Kendari mulai 9-12 September 2021.

Adapun materi kelistrikan yang diperlombakan dalam LKS kali ini adalah instalasi tenaga dan instalasi penerangan saklar hotel.

“Juara satu lomba instalasi kelistrikan diraih oleh SMKN 2 Raha”, kata panitia lomba saat membacakan pengumuman juara masing-masing lomba.

La Sufi, salah satu guru jurusan Ketenagalistrikan SMKN 2 Raha yang mendampingi siswa dalam mengikuti perlombaan mengatakan bahwa sejak jauh hari ia telah melatih siswanya.

“Kita latih kurang lebih satu minggu. Dia adalah siswa yang berprestasi sejak awal. In Syaa Allah dia akan mewakili Sulawesi Tenggara dalam ajang LKS Tingkat Nasional”, katanya saat ditemui usai pengumuman lomba di Hotel Kubra Kendari.

Kepada siswanya, La Sufi berharap agar prestasi yang telah diraihnya bisa dikembangkan lebih lanjut dan tidak cepat puas atas hasil yang diperoleh saat ini.

“Kita berharap dia bisa mengembangkan lebih lanjut Ilmu yang dimiliki. Dan tetap harus belajar karena tantangan di tingkat nasional itu lebih berat lagi karena akan berhadapan dengan para juara dari dari 33 provinsi lainnya”, tandasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa selama ini SMKN 2 Raha sudah empat kali mewakili Sulawesi Tenggara pada LKS Tingkat Nasional dalam bidang kelistrikan. Hanya saja, di level nasional belum membuahkan hasil yang maksimal. Hal ini karena keterbatasan peralatan yang belum memadai.

Untuk diketahui, selain meraih juara 1 pada bidang kelistrikan, 3 siswa lainnya juga meraih juara 2 bidang cabinet making, juara 3 bidang konstruksi batu beton, dan juara 3 bidang floor plumbing.

Kepala SMKN 2 Raha, Mardia, menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada siswa yang telah meraih juara dalam lomba LKS. Ia juga berjanji akan memberikan bonus kepada siswa yang telah meraih juara.

“Alhamdulillah walaupun dimasa pandemi Covid-19 tapi kita tetap masih bisa bersaing dan memberikan yang terbaik untuk sekolah”, ujar Mardia.

Sementara itu, terkait LKS tingkat nasional, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk mempersiapkan segala kebutuhan dalam menghadapai lomba tersebut.

“Insya Allah kita akan persiapkan lebih matang lagi”, pungkasnya.

Penulis: Husain

Komentar

NEWS FEED