oleh

Tujuh Desa di Sultra Naik Status Jadi Desa Maju, Lasori Salah Satunya

-Pena News-1.643 views

PENASULTRA.COM, BUTON TENGAH – Desa Lasori, Kecamatan Mawasangka Timur, Kabupaten Buton Tengah (Buteng) mendapat penghargaan sebagai kategori perubahan status desa berdasarkan indeks desa membangun (IDM). Dimana Desa Lasori naik status dari desa tertinggal menjadi desa maju.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) kepada Kepala Desa Lasori, Buradin dalam rapat evaluasi program pembangunan dan pembedayaan masyarakat desa (P3MD) Sultra di Claro Hotel Kendari, Selasa 17 Desember 2019.

“Alhamdulillah, ini bisa menjadi motivasi bagi kami pemerintah desa dan masyarakat, semoga Desa Lasori kedepanya lebih baik lagi dan menjadi desa mandiri,” kata Buradin saat dihubungi melalui telepon selelurnya, Selasa 17 Desember 2019.

Menurut Buradin, satu tahap lagi Desa Lasori akan naik status menjadi desa mandiri. Untuk mencapai target tersebut, katanya, pihaknya harus mempunyai pendapatan asli desa (PAD) sendiri dengan potensi yang ada.

Ia optimis, dengan potensi yang dimilki dan kerjasama seluruh masyarakat desa, kedepan tak menutup kemungkinan Desa Lasori menjadi desa yang mandiri.

“Mudah-mudahan dengan potensi yang kita miliki di bidang pariwisata kita bisa wujudkan itu, kita juga punya ikon ikan terbang, nanti itu yang akan kita kelola melalui BUMDes,” jelas Buradin.

Penghargaan yang diperolehnya ini, bagi Buradin menjadi hadiah terindah diakhir masa jabatannya. Pasalnya, masa jabatannya akan berakhir di awal tahun 2020 mendatang.

“Ini merupakan hadian terindah diakhir masa jabatan saya. Dan ini tidak akan kita dapatkan tanpa dukungan dari masyarakat selama ini. Terimah kasih atas kerjasamanya,” bebernya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Sekretaris Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), La Ode Ahmad Pidana Bolombo mengatakan, ada beberapa kategori desa yakni desa sangat tertinggal, tertinggal, berkembang, maju dan mandiri. Dari 1911 desa yang ada di Sultra sudah ada 20 desa yang masuk dalam kategori maju.

“Kami harap jangan ada desa yang hanya statusnya disitu-situ saja. Kita harapakan desa maju akan bertambah. Kalau perlu 1911 desa yg ada mnjadi desa maju semua,” tutupnya.

Untuk diketauhui, selain Desa Lasori, ada enam daerah lainnya yang mendapatkan penghargaan yang sama. Dua diantara enam daerah lainnya masih berada dalam Kabupaten Buteng yakni Desa Lalibo dan Desa Lanto. Keduanya dari Kecamatan Mawasangka Tengah.

Pengahargaan tersebut sekaligus menempatkan Buteng sebagai daerah penyumbang terbanyak yang memperoleh penghargaan pada kesempatan itu.

Penulis: Amrin Lamena
Editor: Yeni Marinda

NEWS FEED