oleh

4 Hektare Padang Ilalang di Desa Komala Wangsel Terbakar

PENASULTRA.COM, WAKATOBI – Sekitar 4 hektare lahan padang alang-alang di Desa Komala, Wangiwangi Selatan (Wangsel) dilalap dijago merah sekitar pukul 11.30 Wita, Selasa 3 September 2019.

Penyebab kebakaran belum diketahui. Namun, diduga pemicunya adalah puntung rokok yang dibuang warga atau gesekan ilalang kering saat terik matahari sehingga menimbulkan api.

Kurang dari satu jam, api yang kian meluas akhirnya berhasil dipadamkan menggunakan dua mobil pemadam kebakaran yang diterjunkan ke TKP. Damkar dibantu satu pleton aparat Kepolisian Resort Wakatobi bersama TNI.

Baca Juga:  Pj Gubernur Sultra Minta Hilangkan Stigma Buruk Satpol Tukang Gusur

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Satpol PP dan Damkar Wakatobi, Lukman mengaku, kebakaran hutan itu terjadi setiap tahun saat musim kemarau.

“Untuk itu saya himbau kepada masyarakat agar tidak sembarangan menggunakan benda atau bahan yang dapat memicu percikan api sehingga menimbulkan kebakaran,” katanya, Selasa 3 September 2019.

Baca Juga:  Waspada! Sudah 28 Kali Kebakaran Lahan di Wakatobi

Untuk diketahui, area tersebut sebelumnya menjadi kawasan penghijauan yang ditanami ratusan mahoni dan jati. Namun, akibat sering mengalami kebakaran pohon jati dan mahoni mati. Di area itu hanya terlihat beberapa pohon mahoni yang di penuhi rumput alang-alang disekitarnya.(b)

Penulis: Deni La Ode Bono
Editor: Yeni Marinda

NEWS FEED