oleh

Apa Sih Fungsi Sebuah Merek? Yuk Bangun Kepercayaan Merek

-Pena Opini-192 views

Oleh: Arham Hamid

Apa sih yang menjadi fokus utama atau pilihan bagi kita, anda, saya dan konsumen ketika akan membeli sebuah produk atau jasa?

Dan apa yang menjadi sebab kita, anda, saya dan konsumen untuk memilih produk atau layanan jasa itu kembali?

Nah…dari kedua pertanyaan tersebut, tiap orang pastinya memiliki jawaban yang berbeda-beda. walaupun ada sebagian peneliti telah memberi kesimpulan kesimpulan bahwa merek itu selalu jadi pilihan ketika konsumen memutuskan untuk membeli atau menggunakannya, jadi merek menjadi alasan utama kita untuk mau membeli, betul atau betul??? ternyata merek itu penting ya!!!!

Kenapa merek sangat penting. karena merek berperan sebagai mitra dalam suatu hubungan dan erat kaitannya dengan diri pribadi masing-masing konsumen. Merek menjadi bentuk komitmen perusahaan kepada konsumen dengan tujuan untuk menjamin konsistensi produk yang disampaikan memiliki nilai sesuai dengan yang diharapkan dan dibutuhkan konsumen.

Adanya komitmen ini akan membentuk suatu hubungan antara konsumen dengan merek, dimana nantinya akan menciptakan loyalitas konsumen.

Contoh Merek KONA’NAMI yang artinya UENAK dalam bahasa TOLAKI, secara langsung memberikan pesan bahwa KRIPIK ini ENAK…gurih dan pasti sesuai dengan selera konsumen, kalau suka pedas ada, manis ada, original juga ada

Dan karena bahasa digunakannya bahasa Tolaki maka ada pesan bahwa produk ini asli Sulawesi Tenggara, kontennya lokal Sultra, tapi rasanya INDONESIA , Ini lah yang dinamakan MEREK itu bisa mengangkat kearifan Lokal….dan memiliki fungsi untuk memudahkan konsumen terlibat dalam merek tersbut

ingat!!! merek bukan milik kita tapi milik KONSUMEN kita!!!

Brand Predictability

Brand predictability adalah merek atau produk yang memungkinkan pelanggan untuk mengharapkan bagaimana sebuah merek atau produk tersebut memiliki performance pada setiap pemakaian atau saat di gunakan

Brand predictability dapat meningkatkan keyakinan pelanggan karena pelanggan mengetahui bahwa tidak akan terjadi sesuatu yang tidak diharapkan yang akan terjadi ketika merek tersebut digunakan .

Karena itu, brand predictability akan meningkatkan kepercayaan terhadap merek karena predictability menciptakan ekspektasi positif.

Namun, tidak mudah membuat sebuah brand atau merek menjaga konsistensi performancenya, Terlebih bagi Anda yang baru saja memulai sebuah usaha.

Tapi anda harus sadar bahwa menjaga performance sebuah merek harus konsisten. Jangan karena bahan baku naik dan biaya produksi naik, maka untuk mengurangi biaya produksi maka dikurangilah bahan bahan baku. Ini jelas mempengaruhi performance (kualitas dan rasa) dari produk tersebut.

Apapun yang terjadi anda harus konsisten menjaga performance produk anda, agar merek atau produk anda dapat meningkatkan keyakinan pelanggan bahwa tidak akan terjadi sesuatu yg tidak diharapkan ketika pelanggan menggunakan merek atau produk tersebut.

Jaga kualitas merek atau produk anda, apapun yang terjadi,
agar pelanggan anda percaya merek kita, dan loyal terhadap merek kita.

Kendari, 5 April 2021
#catatandariwarungkopi
#jagakualitasmerek
#trustinabrand
#lauandlee
#aaker
#abonindi
#cangdi

www.nindifood.com

NEWS FEED