oleh

Banyak Bacaleg BMS di Buton Utara

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, BUTON UTARA – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Buton Utara (Butur) Provinsi Sulawesi Tenggara telah menuntaskan verifikasi 214 bakal calon legislatif (Bacaleg) dari 14 partai politik peserta Pemilu 2019.

Hasilnya, banyak berkas dari Bacaleg belum memenuhi syarat atau BMS. Itu artinya, Parpol harus memperbaikinya.

KPU pun memberi deadline waktu hingga 31 Juli 2018 untuk masa perbaikan. Jika tidak, Bacaleg tersebut dipastikan tak bakalan menjadi caleg untuk memperebutkan 20 kursi di DPRD Butur.

Komisioner Divisi Teknis Butur KPU Butur M Sairman membenarkan hal itu. Menurutnya, dari hasil penelitian dokumen administrasi, sebagian besar parpol Bacaleg masih BMS.

Baca Juga:  Unggul Hitung Cepat, Sulaeha Sanusi Yakin Dapat Satu Kursi DPRD Sultra

“Kita sudah umumkan pada hari Sabtu 21 Juli 2018 kemarin. Hasilnya sebagian besar Bacaleg di tiap partai politik berkasnya masih ada yang kurang,” kata M Sairman, Minggu 22 Juli 2018.

Pria yang kerap di sapa Maman itu telah memberikan catatan pada hasil verifikasi tersebut di antaranya masih adanya Bacaleg yang belum melakukan legalisir ijazah, surat keterangan dari pengadilan, pas foto, kurangnya SKCK dan surat keterangan terdaftar sebagai pemilih.

“Kita sampaikan ke partai politik dan Bacaleg untuk segera melengkapi kekurangannya. Batasnya sampai sampai Selasa tanggal 31 Juli 2018 mendatang,” terang Maman.

Baca Juga:  KIPP Buteng Endus Mobilisasi Kepala SMA untuk Dukung Oknum Caleg

Dari 14 partai politik peserta Pemilu di Butur, ada beberapa parpol yang hampir dinyatakan berkasnya lengkap. Parpol tersebut yakni Partai Demokrat, PKS, PDIP dan PPP.

“Demokrat, PDIP, PKS, PPP bisa dikatakan hampir rampung, sangat sedikit syarat bacalegnya yang kurang,” tutur mantan Ketua PPK Kecamatan Kulisusu itu.

Secara keseluruhan, ada 14 partai politik (parpol) yang mendaftar di KPU Butur yakni, Partai Golkar, NasDem, PKS, Demokrat, Perindo, PKB, PDIP, PAN, PKPI, PBB, PPP, Hanura, Berkarya, dan Gerindra.

Sementara PSI dan Partai Garuda, tidak mendaftarkan calegnya.(b)

Penulis: Iyet La Ode
Editor: Ridho Achmed

Komentar

NEWS FEED