oleh

BI Godok Pemberlakuan Sistem Transaksi GPN

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama 12 bank partner akan segera menerapkan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) sebagai permulaan dari peta jalan sistem pembayaran nasional di Indonesia.

Rencana penerapannya ditandai dengan launching yang akan dilakukan di Eks MTQ pada 29 Juli 2018 mendatang.

Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI Sultra, Surya Alamsyah mengatakan, adanya GPN dikarenakan selama ini Indonesia masih menggunakan jasa dari sistem transaksi atau pembayaran milik asing seperti Visa, MasterCard dan lainnya.

Menurutnya, melalui GPN, sistem pembayaran dengan kartu debit dapat saling terhubung (interkoneksi) dan beroperasi secara bersama-sama meski berbeda mesin dan perangkat (interoperabilitas).

Dengan kata lain, pemilik kartu debit berlogo GPN dapat bertransaksi menggunakan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) serta perangkat electronic data capture (EDC) dari bank mana saja.

Baca Juga:  Akibat Kemarau Panjang, Sultra Mengalami Inflasi

“Artinya, jika selama ini membayar dengan kartu debit harus menggunakan mesin EDC dari bank sama, dengan adanya GPN ini, maka jenis kartu debit apapun bisa digesekkan pada semua mesin EDC dari berbagai macam bank,” katanya, Jumat 27 Juli 2018.

Tujuan dari GPN sendiri, kata Surya, untuk mengamankan data transaksi pengguna ATM di dalam negeri.

“Karena sekarang datanya kita kelola sendiri, servernya juga langsung di Indonesia. Namun saat ini hanya bisa dilakukan di dalam negeri (domestik). Tapi kedepan kita harap bisa digunakan untuk diluar negeri,” ungkapnya.

Untuk menyukseskan GPN, pihak bank partner yakni Mandiri dan Bank Sultra sudah menyatakan kesiapan jelang launching GPN.

Baca Juga:  Penurunan Harga Komoditas Bahan Makanan Dorong Deflasi Sultra

Officer Transaction Banking Business Bank Mandiri, Nizwar mengatakan, secara umum pihaknya sudah siap untuk melayani penukaran kartu.

“Kami sudah siap. Mesin ATM dan EDC kami juga 95 persen siap untuk digunakan bertransaksi (memggunakan ATM berlogo GPN). Ada 830 mesin ATM dari 500 merchan, di Kendari ada 500 mesin beredar lainnya di Kabupaten Kolaka dan Baubau,” ungkapnnya.

Senada, Kadiv Keuangan Bank Sultra, Yuli Siswanto mengatakan, pihaknya siap melayani penukaran ATM, dan saat ini pihaknya menyediakan kartu belogo GPN sebanyak 23.000.

Untuk diketahui, ke 12 bank partner BI tersebut yakni BNI, BRI, Mandiri, BPD Sultra, BTN, BCA, CIMB Niaga, Mega, BRI Syariah, Permata, Mualamat dan BSM.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Kas

Komentar

NEWS FEED