oleh

Cegah Penyalahgunaan DD, Pemkab Buteng Kerjasama Polres Baubau

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, BUTON TENGAH – Untuk mencegah penyalahgunaan dana desa (DD), Polres Baubau bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) di Aula SMPN 1 Kecamatan Lakudo, Senin 4 Maret 2019.

Kapolres Baubau, AKBP Hadi Winarno mengatakan, MoU ini dilakukan untuk mendampingi dan mengawal para kepala desa yang akan melaksanakan program pembangunan melalui DD.

“Bentuk kerjasamanya menitikberatkan pada pencegahan dengan melakukan pembinaan sebelum terjadi tindak penyalahgunaan,” kata Hadi.

Baca Juga:  Samahuddin: Buteng Peringkat Lima Penerima Bantuan Terbesar PKH

Jika nantinya ditemukan ada indikasi yang menjurus pada penyimpangan dalam mengawal kegiatan Pemdes, menurut Hadi, pihaknya akan mengingatkan dengan cepat serta berkoordinasi bersama Pemkab dan dinas terkait.

“Namun, bila telah diingatkan tetapi masih melanjutkan kegiatan yang menjurus ke penyimpangan tersebut, maka kami tidak akan segan-segan akan melakukan penindakan penegakan hukum,” tekannya.

Sementara itu, Bupati Buteng, Samahuddin mengingatkan para kepala desa untuk tidak main-main dalam penggunaan DD.

Baca Juga:  Kajati Sultra Harap Penggunaan DD Sesuai Program dan Tujuan

“Harus hati-hati dalam penggunaan DD ini. Baik secara administrasi maupun pembangunan di lapangan, apalagi ini menyangkut penggunaan uang negara,” tegasnya.

Ia berharap, ke depan para kepala desa bisa lebih baik lagi dalam pengelolaan dan penataan DD.

“Saya kira lebih bagus, supaya para kepala desa juga lebih berhati-hati, tidak tersangkut masalah hukum dan kemudian kinerja mereka dilapangan, perencanaanya jelas. Agar uang-uang itu tetap kelihatan,” pungkasnya.(b)

Penulis: Amrin Lamena
Editor: Yeni Marinda

NEWS FEED