oleh

Di Hadapan Wisudawan UHO, Abu Hasan Paparkan Potensi SDA Butur

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Di hadapan ratusan wisudawan dan tamu undangan wisuda program Doktor ke-16, Magister ke-46, Profesi Dokter ke-14, Sarjana ke-79 dan Pendidikan Vokasi ke-78 yang digelar di Auditorium Mokodompit Universitas Halu Oleo (UHO) tadi siang, Abu Hasan memaparkan segala potensi sumber daya alam (SDA) yang dimiliki Butur.

Menurut Bupati Buton Utara (Butur) itu, selain pertanian organik, Butur juga kaya akan hasil budidaya laut dan tangkap.

Saat ini kata Abu Hasan, Butur tengah mengembangkan produksi peternakan serta menggerakkan program desa melalui usaha Bumdes dan koperasi yang diyakini dapat menjadi basis ekonomi permanen di desa.

Sebelumnya, dalam upaya mengembangkan produksi peternakan, perikanaan dan terkhusus program pertanian padi organik, Pemda Butur terus meningkatkan kerjasama dengan UHO.

Baca Juga:  HMPS Matematika UHO Gelar Gemas se-Sultra

Peningkatan kerjasama ini ditandai dengan adanya penandatanganan Memorandoum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman antara Bupati Butur Abu Hasan bersama Rektor UHO Prof. Muhammad Zamrun dan Dekan Fakultas Pertanian Prof. Muhammad Taufaila disela sela agenda wisuda.

Mantan Kepala Biro Humas Pemprov Sultra itu mengaku, kerjasama antara Pemda Butur dan UHO ini telah lama digagas. Olehnya itu, Abu Hasan berharap kerjasama tersebut dapat segera ditindak lanjuti.

“Saya berharap kerjasama ini dapat ditindaklanjuti dengan rencana aksi, baik Universitas Halu Oleo maupun Fakultas Pertanian. Moga kerjasama ini diridhoi oleh Allah SWT,” tutur Abu Hasan.

Berpose bersama usai penandatanganan MoU. Nampak Rektor UHO Prof Muhammad Zamrun (tengah), Dekan Fakultas Pertanian Prof Muh Taufaila, Bupati Butur Abu Hasan dan Wakil Bupati Butur Ramadio. FOTO: Iyet La Ode

Pada kesempatan yang turut pula disaksikan Wakil Bupati Butur Ramadio, Kepala Bappeda Butur Harmin Hari, Asisten II Budianti Kadidaa dan Ketua TP PKK Butur Sitti Rabia Abu Hasan itu, Rektor UHO, Prof Muhammad Zamrun menegaskan pihaknya akan menerapkan hasil inovasi dan teknologi dari UHO untuk kemajuan program pertanian organik Butur.

Baca Juga:  Lima Mahasiswa Asal Filipina Dilepas Kadikbud Sultra

“UHO berkomitmen untuk keberhasilan program pertanian organik Butur. Namun bukan hanya Butur. Akan tetapi, semua kabupaten di Sultra UHO siap membantu,” tutur Zamrun.

Usai penandatangan MoU ini, Abu Hasan berharap, ke depan, MoU serupa akan kembali dilakukan. Sebab, menurut ketua DPC PDIP Butur itu, pihaknya sangat membutuhkan peran perguruan tinggi dalam mengembangkan segala hasil SDA yang dimiliki Butur.(b)

Penulis: Iyet La Ode
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED