oleh

Di Hari Sumpah Pemuda, Buteng Community Deklarasikan GenPI

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, BUTON TENGAH – Memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun ini, beberapa komunitas dan anak-anak muda yang tergabung dalam Buton Tengah (Buteng) Community  menggelar Perkemahan Komunitas dan Pemuda (Pekan Pemuda) di Pantai Wantopi selama dua hari, 27-28 Oktober 2018.

Dalam kegiatan itu, sejumlah komunitas dan pemuda yang hadir mendeklarasikan Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Buteng sebagai bentuk komitmen bersama untuk menggenjot pariwisata Buteng.

Ketua Panitia Pekan Pemuda Buteng, La Ode Arwin mengatakan, GenPi Buteng merupakan wadah bagi para komunitas dan anak-anak muda untuk mempromosikan pariwisata di Buteng.

“Sejak awal komitmen kami untuk bersama-sama Pemda Buteng melalui dinas pariwisata Buton Tengah untuk mempromosikan pariwisata di Buteng melalui GenPI,” kata Arwin di sela-sela kegiatan.

Baca Juga:  Syahrir Ramadhan: Pemuda Harus Ambil Peran di Pemilu 2019

Ia mengungkapkan, Pekan pemuda Buteng ini digagas oleh beberapa komunitas yang ada di Buteng di antaranya, King Club, Motor Custom Clasic (MCC) Buteng, serta Kawasaki Ninja Club (KNC).

Selain itu, ada komunitas Fokapo, Komunitas Musik Buteng (KMB), Komunitas Pecinta Alam (KPA) Buteng, Komunitas Pecinta dan Penikmat Kopi (Koppiko), Fotografer, Himpunan Mahasiswa (Hima) Buteng, serta sejumlah komunitas asal Kota Baubau.

Selain deklarasi GenPI, selama dua hari para komunitas ini melaksanakan berbagai macam kegiatan seperti pembacaan puisi, sajak dan live music, pasar komunitas, diskusi komunitas terkait pengembangan pariwisata, upacara memperingati hari sumpah pemuda, serta bakti sosial aksi bersih-bersih pantai.

“Kegiatan ini dilaksanakan bertepatan hari Sumpah Pemuda yang diharapkan dapat menjadi spirit pemuda dalam pengembangan pariwisata Buteng,” tutur Arwin.

Baca Juga:  Dituding Tak Punya Etika, Ini Jawaban Menohok Pemuda Buteng Community

Sementara itu, Kabid Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Buteng, Azhar yang turut hadir mengungkapkan apresiasinya terhadap kegiatan Pekan Pemuda Buteng yang digelar.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. GenPi ini merupakan patner pemerintah dalam mempromosikan pariwisata melalui dunia digital,” kata Azhar.

Menurutnya, dengan perkembangan informasi dan kemajuan teknologi saat ini, keberadaan GenPi di Buteng sangatlah penting dalam pengembangan pariwisata.

“Sekarang serba digital, dengan adanya GenPi Buteng ini yang menghimpun komunitas-komunitas kreatif sangatlah penting untuk perkembangan pariwisata di Buteng kedepannya,” tutupnya.(b)

Penulis : Amrin Lamena/La Ode Muh. Faisal
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED