oleh

DPP IKAPTK Sultra Resmi Dikukuhkan, Ini Kata Asmawa Tosepu

-Pena News-360 views

PENASULTRA.COM, KONAWE UTARA
Gunernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi resmi mengukuhan Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Sultra periode 2019-2022 di Aula Sangia Ni Bandera, Jumat malam, 27 Desember 2019.

Ketua DPP IKAPTK Sultra, Asmawa Tosepu mengatakan, secara history, lembaga pendidikan kepamongprajaan di Indonesia mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan dan dinamika pemerintahan di setiap era.

“Sejak didirikan Kursus Dinas C tahun 1952, APDN (1956), IIP (1967), APDN Nasional (1988), STPDN (1992), IPDN (2004) dan Organisasi Perhimpunan Alumni (OPA) telah mengalami pasang surut dan transformasi yang akhirnya pada 2 Juni 2010 dideklarasikan IKAPTK sebagai penyatuan atas organisasi alumni yang ada selama ini,” kata Asmawa.

Menurutnya, saat ini, kondisi eksisting IKAPTK di Sultra berjumlah 623, yang tersebar dan mengabdi baik pada kementrian dan lembaga (K/L) serta pemerintah daerah di seluruh Indonesia.

“Kami mewakili seluruh alumni menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pemprov Sultra dan jajaran kabupaten kota se-Sultra atas dukungan dan pemberdayaan alumni dengan menempatkan pada berbagai posisi strategis,” ujarnya.

Kehadiran IKAPTK, kata Asmawa, untuk memperkokoh semangat kekeluargaan dan jiwa korsa serta memelihara ikatan yang kuat antara alumni dengan almamater.

“Juga melakukan kajian dan pengembangan ilmu pemerintahan guna dijadikan kontribusi alumni untuk dimanfaatkan sebesar-besarnya dalam praktik tata kelola pemerintahan,” tambah Asmawa.

Ia berharap, melalui pengukuhan ini akan semakin memperkuat eksistensi organisasi dalam membangun sinergi dan kolaborasi dengan berbagai stakeholder di daerah sesuai semangat 4.0.

“Yang selaras dengan tema pembangunan SDM aparatur di Sultra sebagaimana misi RPJMD Sultra 2018-2023 yakni mendorong birokrasi pemprov yang modern dalam bingkai visi terwujudnya Sultra yang aman, maju, sejahtera dan bermartabat,” tutupnya.

Penulis: Iwan
Editor: Yeni Marinda

NEWS FEED