oleh

Faperta UHO Gelar Bimtek Budidaya Jahe Merah Organik

PENASULTRA.COM, KENDARI – Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) pemanfaatan bahan organik dalam budidaya tanaman jahe kepada masyarakat Kelurahan Labibia, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari.

Dosen Faperta UHO, Azharansi mengatakan, Bimtek dilakukan untuk meningkatkan sumber pengetahuan dan keterampilan masyarakat mitra petani. Selain itu, memanfaatkan lahan petani yang kosong untuk budidaya jahe dengan menggunakan bahan organik sebagai sumber pupuknya.

“Kami dari pembibing memberikan bimbingan tehnis kepada masyarakat tentang cara dan manfaat pengolahan tanah, tentang pengaturan jarak tanam, tentang manfaat bahan organik, tentang cara tanam jahe merah, tentang umur panen jahe merah, tentang khasiat jahe merah, tentang nilai ekonomis jahe merah dan juga Luas  areal  penanaman,” ujar Azharansi, Sabtu 1 Desember 2018.

Baca Juga:  Di Hadapan Wisudawan UHO, Abu Hasan Paparkan Potensi SDA Butur

Ia mengatakan, Bimtek dilakukan dengan metode ceramah, diskusi, serta demonstrasi pemanfaatan pupuk organik dan penanaman jahe. Tidak sampai disitu, pihaknya juga akan melakukan pembinaan secara berkala tentang pemanfaatan bahan organik dalam budidaya tanaman sebagai upaya meningkatkan produktivitas lahan pertanian.

Baca Juga:  Mahasiswa Administrasi Publik UHO Gelar Bimtek Di Desa Lambandia Konsel

“Sehingga, petani dapat menuju sistem pertanian organik yang ramah lingkungan. Sebap jahe tersebut banyak manfaatnya seperti untuk obat-obatan, bahan penyedap makanan dan kosmetik,” terang Azharansi.

Ia menilai, penggunaan bahan organik belum cukup terkenal di kalangan petani. Sehingga pihaknya berharap, dengan Bimtek ini dapat memberi manfaat ekonomis yang besar bagi petani.

“Kami harap mitra petani dapat mengoptimalkan pemanfaatan lahan pertaniannya dengan membudidayakan jahe melalui penggunaan bahan organik,” pungkasnya.(b)

Penulis: Edi Sartono
Editor: La Ode Muh Faisal

NEWS FEED