oleh

KKN-PPM UGM Gelar Workshop Pariwisata Berkelanjutan di Muna

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, MUNA – Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN – PPM) Universitas Gajahmada di Kecamatan Towea Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara, dimanfaatkan dengan melaksanakan workshop dengan tema Towards Sustainable Tourism Workshop awal Juli 2018.

Wa Ode Siti Latifatul Malik, Koordinator Mahasiswa Unit (Kormanit) KKN Towea, mengatakan bahwa workshop ini digelar untuk mendeteksi permasalahan kepariwisataan yang ada di Kabupaten Muna.

Pihaknya kata dia, sengaja mengundang sejumlah stakeholder dari berbgai pihak untuk mengelaborasi sejumlah masalah dan tantangan yang dihadapi dalam pengembangan sektor pariwisata di Muna. Yakni, komunitas Rumah Hijau Indonesia, Universitas Halu Oleo, Universitas Hasanuddin, Odher Scout Community (OSC) dan sejumlah SKPD terkait.

Baca Juga:  Pemda Muna Dinilai Tidak Punya Dasar Hukum untuk Turunkan Baleho Rajiun

Dalam wokshop yang menghadirkan Wakil Bupati Muna Malik Ditu dan Kepala Dinas Kepariwisataan Kabupaten Muna Dahlan Kalega, serta dosen Fisipol UGM, Usmar Salam ini, mengelaborasi fokus destinasi yang menjadi prioritas kebijakan pengembangan sektor pariwisata, strategi promosi dan perkembangan, dan konsep community-based tourism atau pariwisata berbasis masyarakat.

Baca Juga:  Program BSPS di Muna Disinyalir Nyasar ke Rumah Kos

Faradhina, perwakilan komunitas Rumah Hijau Indonesia, menegaskan, konsep sustainable harus merujuk pada transformasi kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan.

“Yang utama adalah kesadaran untuk lebih tegas menjaga lingkungan dari tempat-tempat wisata tersebut”, ucap Faradhina seraya berharap kegiatan ini dapat menjadi input untuk mendorong kebijakan pengembangan pariwisata di Muna.(b)

Penulis: Sudirman Behima
Editor: La Ode Kasmilahi

Komentar

NEWS FEED