oleh

LP2T2N Ajak Pemuda Buteng Bergerak di Bidang Pertanian

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, BUTON TENGAH – Lembaga Pemerhati Pekarangan Tanaman Ternak dan Nelayan (LP2T2N) ajak para pemuda di Kabupatan Buton Tengah (Buteng) bersama-sama mewujudkan kota hidroponik.

Ketua LP2T2N Buteng, Andi Nursin menuturkan, kota hidroponik dapat diwujudkan jika pemuda di Buteng mau melanjutkan pencaharian dan keterampilan menjadi petani dan peternak sukses.

“Jangan malu dan buang rasa malu itu jauh-jauh kalau kita ingin punya keterampilan,” kata Andi Nursin pada media ini, Selasa 4 Desember 2018.

Saat ini, kata Andi, yang menjadi petani hanya orang tua dan masih jarang anak muda yang bertani. Padahal menurutnya, menjadi petani dan peternak merupakan salah satu peluang usaha yang menjanjikan di masa ini.

“Anak mudanya hampir sibuk mau jadi direktur, pegawai negeri sipil, artis, komedian, dan sebagainya. Kenapa tidak ada anak muda yg mau jadi petani. Padahal, menjadi petani dan peternak saat ini hal yang keren dan menjanjikan,” tuturnya.

Menurutnya, perlu langkah konkrit agar pemuda termotivasi menjadi petani, peternak dan nelayan dengan sistim kolam terpal yang profesional di bidangnya sebagai terobosan menuju kawasan agro wisata di Buteng.

“Dengan terobosan itu dimaksudkan agar pengunjung, disamping rekreasi, mereka juga bisa membeli dan memetik buah, sayur, ayam kampung dan memperoleh ikan segar. Dan itu juga dapat menjadi sebagai media pembelajaran di bidang Agro,” jelasnya.(b)

Penulis: Amrin Lamena
Editor: La Ode Muh. Faisal

NEWS FEED