oleh

Mappilu-PWI Minta KPU-Bawaslu Segera Tertibkan WNA yang Masuk DPT

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, JAKARTA – Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu Persatuan Wartawan Indonesia (Mappilu-PWI) meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) segera menertibkan Warga Negara Asing (WNA) yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Menurut Ketua Mappilu-PWI Pusat, Firdaus, penyelenggara Pemilu harus aktif melacak dan jangan hanya mengandalkan laporan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Baca Juga:  Belum Terdaftar Sebagai Pemilih? Segera Lapor ke KPU

“Kami menerima laporan di Bandar Lampung dan Pringsewu ditemukan WNA memiliki KTP. Bahkan di Pringsewu ada yang masuk DPT. Tentu ini seperti fenomena gunung es, apalagi KPU mengakui terdeteksi WNA masuk DPT di 17 provinsi. Jangan sampai ini membuat kegaduhan baru dan membuat mutu Pemilu berkurang,” kata Firdaus, Rabu 6 Maret 2019.

Menurut Pemimpin Umum Majalah TERAS Holding Company itu, KPU dan Bawaslu jangan berhenti pada sosialisasi cara mencari nama pemilih di DPT. Pasalnya, belum tentu semua sempat melakukannya dan melacak WNA yang masuk DPT.

Baca Juga:  Adhar: WNA yang Masuk di Sultra Merupakan Kebijakan Pusat

“Jangan sampai ini menuai tuntutan di belakang hari,” kata Firdaus seraya menyerukan kepada pengurus Mappilu seluruh Indonesia untuk terus bergerak melakukan konsolidasi dalam pemantauan.(b)

Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED