oleh

Pasangan Prabowo-Sandi Bakal Menang di Sultra? Ini Hasil Surveinya

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Lembaga Survei Haluoleo Institute mencatat, pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno (Prabowo-Sandi) memiliki elektabilitas tertinggi di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pasangan Prabowo-Sandi diprediksi memiliki elektabilitas 44,2 persen, sedangkan pasangan Joko widodo dan Ma’ruf Amin (Jokowi-Ma’ruf) berada di bawah, yakni 38,4 persen.

“Dan 17,4 persen sisanya itu belum menentukan pilihan atau masih rahasia,” kata Naslim Sarlito Alimin, Direktur Eksekutif Haluoleo Institute, Minggu 10 Maret 2019.

Baca Juga:  Masyarakat Sultra Berharap Jokowi Mengangkat Bahlil Lahadalia Sebagai Menteri

Berdasarkan distribusi dukungan Capres-Cawapres di enam daerah pilih (Dapil) di Sultra, kata Naslim, Prabowo-Sandi hampir menang tipis di semua Dapil, yakni Dapil satu, Dapil tiga, Dapil lima dan Dapil enam.

“Sementara pasangan Jokowi-Ma’ruf hanya menang di Dapil dua dan Dapil empat,” terangnya.

Naslim menyebutkan, Jokowi memiliki tingkat popularitas tertinggi yaitu 94,8 persen dengan tingkat kesukaan 65,7 persen. Sedangkan Prabowo memiliki tingkat popularitas 94,7 persen dengan tingkat kesukaan di atas Jokowi, yakni 72,5 persen.

Baca Juga:  Haluoloe Institute: Demokrat dan PDIP Berpotensi Raih Dua Kursi DPR RI

Selain kedua pasangan Capres dan Cawapres memilki tingkat popularitas yang tinggi di Sultra, jumlah pemilih yang belum menentukan pilihan masih cukup tinggi. Sehingga kedua kandidat masih berpotensi menentukan kemenangan.

“Jadi masing-masing pasangan Capres dan Cawapres masih berpeluang menang,” pungkasnya.(a)

Penulis: Sal
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED