oleh

Pengamat Pariwisata Ini Prihatin Lihat Kondisi Fasilitas Wisata Konkep

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KONAWE KEPULAUAN – Sedikitnya ada tiga unit gazebo yang pernah dibuat Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) beberapa tahun lalu di obyek wisata Air Terjun Tumburano, terlihat tak terurus. Bahkan satu di antaranya roboh dan hingga kini belum direnovasi.

Kondisi ini memantik rasa keprihatinan mendalam bagi pengamat pariwisata Sulawesi Tenggara (Sultra), Muhammad Ali. Katanya, Pemkab Konkep terkesan mengabaikan sarana dan prasarana di lokasi destinasi wisata yang berada di Kecamatan Wawonii Utara tersebut.

Baca Juga:  Disparbud Mubar Genjot Pengembangan Destinasi Wisata

“Semakin hari semakin tidak terawat dan tidak layak pakai. Parahnya lagi ada satu gazebo yang sudah roboh,” kata Muhammad Ali melalui sambungan teleponnya, Selasa, 10 April 2018.

Seharusnya, kata dia, Dinas Pariwisata Konkep lebih proaktif mengangkat sektor pariwisata sebagaimana yang tengah digelorakan Bupati dan Wakil Bupati Konkep, Amrullah-Muh Andi Lutfi.

“SKPD terkait mestinya mengambil peran penting. Sehingga, pariwisata bisa benar-benar menjadi sektor yang menopang perkonomian daerah,” harap ketua DPC ASITA Konkep itu.

Baca Juga:  Jembatan di Konkep Roboh, Satu Unit Mobil Jatuh ke Sungai

Selain atraksi dan aksesibilitas, menurut Ali, amenitas menjadi unsur utama penunjang pariwisata di daerah. Kalau amenitas atau sarana dan prasarana obyek wisatanya terbengkalai, bisa dipastikan hal itu mempengaruhi tingkat kunjungan wisatawan.

“Amenitas itu bicara sarana dan prasarana yang harus dimiliki suatu obyek wisata. Wisatawan itu butuh kenyamanan, butuh tempat duduk untuk beristirahat, butuh kamar mandi, dan butuh WC. Intinya selain gazebo, mestinya juga ada MCK,” imbuhnya.(b)

Penulis: Nanang Sofyan
Editor: Mochammad Irwan

Komentar

NEWS FEED