oleh

Pertama di Sultra, MTsN 4 Muna Launching Program Go Green Madrasah

-Pena Daerah-497 views

PENASULTRA.COM, MUNA – Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Muhammad Saleh, S.Ag, M.Pd.I bersama sejumlah pejabat lingkup Kemenag Sultra menghadiri Launching Penanaman Pohon atau program Go Green Madrasah 2020, di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 4 Muna, Desa Lamaeo, Kecamatan Kabawo, Kabupaten Muna pada Sabtu, 17 Oktober 2020.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan Pembinaan guru dan tenaga kependidikan lingkup madrasah se Kabupaten Muna dengan tema “membangun kreatifitas guru dan tenaga kependidikan ditengah pandemi covid-19”.

Pembinaan guru dan tenaga kependidikan lingkup madrasah se Kabupaten Muna di MTsN 4 Muna (Foto: La Ode Husaini)

Kepada awak media ini, H. Muhammad Saleh, S.Ag, M.Pd.I mengatakan bahwa program Go Green Madrasah adalah konsep yang mengajak seluruh warga madrasah untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan melestarikannya.

Tujuannya adalah untuk mewujudkan lingkungan madrasah yang asri, hijau, indah dan nyaman. Mengingat lingkungan madrasah merupakan salah satu faktor yang memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap kualitas proses pembelajaran.

“Dengan lingkungan madrasah yang nyaman maka diharapkan kegiatan belajar mengajar juga akan berlangsung dengan baik dan optimal” ujarnya.

Mantan Kepala Kemenag Kabupaten Buton Utara ini mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program yang pertama kali dilakukan di Sultra, dan merupakan salah satu langkah yang dilakukan dalam rangka menyambut peringatan Hari Amal Bakti pada bulan Januari 2021 mendatang.

“Nanti akan ada launching tingkat Provinsi Sultra yang akan dilakukan oleh Kepala Kemenag Sultra. Rencananya pada bulan november nanti. Dan pada bulan November dan Desember merupakan kesempatan bagi seluruh Madrasah se Sultra untuk bekerja dan menata Madrasahnya karena pada Hari Amal Bakti nanti akan ada reward yang diberikan oleh Kemenag kepada Madrasah yang terbaik kinerjanya”, ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Muna, Drs. H Muh. Basri, M.Pd. mengatakan bahwa penanaman pohon ini merupakan langkah awal dalam rangka menciptakan situasi yang nyaman agar siswa betah dalam mengemban ilmu di Madrasah.

Kepala Kantor Kemenag Muna saat menanam pohon di halaman MTsN 4 Muna (Foto: La Ode Husaini)

Menurutnya, lingkungan madrasah adalah lingkungan kehidupan sehari-hari bagi siswa sehingga harus ditata dan dikelola dengan baik. Dan untuk mewujudkan hal ini perlu adanya dukungan dari semua pihak agar program ini dapat berjalan sebagaimana mestinya.

“Kegiatan ini sangat penting untuk menciptakan suasana yang sejuk dan asri di lingkungan madrasah. Dengan harapan para siswa akan merasa nyaman ketika belajar dalam lingkungan madrasah”, tukasnya.

Senada dengan itu, kepala MTsN 4 Muna, Marwah Larisu S.Ag.,M.Pd berharap dengan adanya program Go Green Madrasah ini dapat menciptakan proses belajar mengajar yang nyaman.

“Dengan adanya program ini harapan saya adalah semoga MTsN 4 Muna menjadi tempat yang nyaman untuk belajar bagi seluruh warga madrasah. Dan kedepan bisa lebih baik dan lebih maju lagi”, pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan Launching Go Green Madrsah ini dihadiri oleh seluruh Kepala Madrasah Ibtidayah Negeri/Swasta, Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri dan/Swasta dan Kepala Madrasah Aliyah Negeri/Swasta se Kabupaten Muna.

Penulis: La Ode Husaini

NEWS FEED