oleh

Potensi Pariwisata Sultra Dibedah, Sekjen JOIN: Baik, Tapi…

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Dalam rangkaian deklarasi Komunitas Jurnalis Jalan Jalan (KJ3) yang digelar di Grand Clarion Hotel Kendari, Sabtu 7 April 2018, panitia juga menyelenggarakan talk show bertema ‘Bedah Potensi Pariwisata Sultra’.

Dalam talk show yang diinisiasi Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Kendari dan Ikatan Wartawan Online (IWO) Sultra ini, sejumlah narasumber diundang untuk memberi perspektif terkait pengembangan pariwisata Sultra dan penunjangnya.

Namun, tidak semua pemateri hadir. Yang ada hanya anggota DPR RI Ridwan Bae, Pengamat Ekonomi Nasional Abdul Rahman Farisi, Owner Mahkota Tenun Sultra Endang, Ketua PHRI Sultra Hugua serta Kabid Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata Sultra Trisman.

Sekretaris Jenderal JOIN, Julhan Sifadi menilai, talk show ini sangat baik. Tetapi, para pengambil kebijakan tidak semua hadir. Sehingga tidak mengerucut output yang dihasilkan.

Baca Juga:  Ikatan Alumni SMK Negeri 4 Kendari Resmi Terbentuk

“Next time, acara serupa harus dihadiri para pengambil kebijakan sehingga apa yang menjadi pembahasan bisa langsung ditindak lanjuti,” kata Julhan usai menghadiri deklarasi KJ3 di Clarion Hotel Kendari, Sabtu 7 April 2018.

Di sektor pariwisata, menurutnya, selain membutuhkan promosi juga butuh kesiapan sumber daya manusia lokal dan sentuhan infrastruktur secara maksimal.

“Salah satu kekurangan Sultra adalah, belum adanya master plan yang terintegrasi antara provinsi dan kabupaten. Sehingga, setiap pemimpin berganti maka kebijakan pun berganti,” ujar Julhan.

Olehnya itu, kata dia, guna membangun sektor pariwisata yang utuh dibutuhkan sinergitas semua lini untuk bergerak.

Baca Juga:  Aliansi Pro Kemerdekaan Pers Sultra Tolak Kriminalisasi Jurnalis

“KJ3 sekiranya bisa menjadi motor pemuda untuk mengedukasi masyarakat bahwa sektor pariwisata memiliki potensi besar dalam mensejahterakan masyarakat,” tutur Julhan Sifadi.

Sekretaris KJ3 Muhammad Al Rajap (kedua dari kanan). FOTO: La Ode Arfa

Sementara itu, Sekretaris KJ3, Muhammad Al Rajap mengungkapkan, talk show ini digagas sebagai langkah awal untuk menghidupkan dan mengembangkan potensi pariwisata di Sultra.

Di kesempatan ini, Rajap mengungkapkan rasa terima kasihnya atas partisipasi semua pihak yang turut menyukseskan deklarasi dan talk show yang diselenggarakan KJ3 ini.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat langsung dan mendukung suksesnya kegiatan ini,” tutup jurnalis PENASULTRA.COM ini.(a)

Penulis: La Ode Arfa
Editor: Mochammad Irwan

Komentar

NEWS FEED