oleh

PT BSS Garap Rumput Laut di Wakatobi

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, WAKATOBI – Pemda Wakatobi mendorong peningkatan kesejahteraan hidup petani rumput laut dengan cara menggandeng perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan rumput laut.

PT Baruna Sumber Sejahtera (BSS) berhasil diajak kerja sama Pemda Wakatobi, melalui MOU setahun lalu.

Kepala Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Kabupaten Wakatobi, Jalaluddin mengatakan, perusahaan tersebut berpusat di Bombana. Kehadirannya, membantu petani dari permainan harga para tengkulak. PT BSS membeli rumput laut dengan harga standar nasional. Kemudian dikelola secara profesional menjadi bahan jadi.

Baca Juga:  Bupati Wakatobi Masuk Nominasi Penghargaan Satya Lencana Wirakarya

“Menariknya, pihak perusahaan juga menyiapkan bibit yang fokus pada jenis cotoni untuk petani. Jadi dari pembibitan sampai pengolahan disiapkan perusahan ini,” terang Jalaluddin saat diwawancarai wartawan Penasultra.com, di kantornya, Selasa 3 September 2019.

Diprediksi kurang lebih 2.000 ton pertahun rumput laut yang di hasilkan petani di Wakatobi. Menurutnya, petani akan jauh lebih sejahtera jika dijual ke PT BSS dengan harga yang jauh cukup stabil, ketimbang tengkulak.

“Selain membeli hasil panen, BSS bersama NGO, Kementerian, BI juga turut membina petani kita dari cara budidaya, pengelolaan hingga pemasaran,” tuturnya.

Baca Juga:  Pemprov Sultra Diminta Cabut Izin Operasi Kapal Pelingkar di Perairan Wakatobi

Sementara itu, meski PT BSS telah beroperasi setahun di Wakatobi, namun sebagian petani masih saja tetap menjual hasil panennya di tengkulak.

“Kami masih jual di penampung. Rumput laut Cotoni dibeli dengan harga Rp.20 ribu/Kg. Sedangkan, Spynosum Rp6.500/Kg,” aku La Wahid salah seorang petani rumput laut di Desa Liya Bahari Indah.(b)

Penulis: Deni La Ode Bono
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED