oleh

Rusman Emba Buka Pedagogi III UHO

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, MUNA – Bupati Muna, LM Rusman Emba melepas 77 mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Jurusan Arkeologi, Universitas Halu Oleo (UHO) di Aula Setda Muna, 9 Februari 2019.

Kedatangan 77 mahasiswa itu merupakan giat Pendidikan Dasar Gerakan Orientasi Arkeolog (Pedagogi) III yang tujuannya untuk melakukan penelitian serta melatih kemampuan dalam kompetensi arkeologi serta melahirkan publikasi ilmiah tentang peninggalan purbakala yang ada di Muna.

Rusman mengatakan, Muna memiliki budaya dan situs sejarah dibeberapa wilayah yang tidak kalah dari daerah lain di Indonesia. Salah satu situs sejarah yang sudah sangat dikenal di Kabupaten Muna yakni Goa Liangkobori yang terletak di Kecamatan Lohia.

Baca Juga:  Peradi Gandeng UHO Gelar Pelatihan Advokat

“Berbicara keindahan dan nilai sejarah, Liangkobori tidak kalah dari daerah lain. Selain keindahan Liangkobori memiliki misteri yang terpendam,” kata Rusman Emba, sekaligus membuka secara resmi Pedagogi III, Sabtu 9 Februari 2019.

Ia berharap, kehadiran mahasiswa selama sepekan (9-15 Februari 2019) ini dapat mengungkap dan mengeksplorasi misteri tersebut.

“Terimakasih kepada UHO yang telah menjadikan Muna sebagai salah satu fokus penelitian kali ini,” cetus mantan Ketua DPRD Provinsi Sultra itu.

Baca Juga:  Upaya Mediasi, Kabinda Sultra Temui Perwakilan Mahasiswa UHO

Sebelumnya, Ketua Panitia Pedagogi III, Safrin mengungkapkan, Muna adalah daerah ketiga yang dikunjungi mahasiswa FIB jurusan Arkeolog UHO. Dua daerah sebelumnya adalah Konawe dan Konawe Selatan (Konsel).

“Ini setiap tahunnya dilaksanakan dan ini tahun ketiga. Ini juga bertujuan untuk membentuk karakter mahasiswa baru. Selain itu, kita juga akan mengeksplorasi situs yang akan kita kunjungi,” ungkapnya.(b)

Penulis: Sudirman Behima
Editor: Yeni Marinda

NEWS FEED