oleh

Selisih 15 Suara, Hairuddin Konde Kalahkan Ishak Zuhur di Dapil IV

PENASULTRA.COM, BAUBAU – Kontestasi politik Pemilihan Calon Legislatif (Pilcaleg) 2019 telah memasuk tahapan pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia.

Seperti di Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk perebutan kursi DPRD Sultra khususnya di dapil Sultra IV meliputi Kota Baubau, Buton, Buteng, Busel dan Wakatobi sudah bisa diketahui karena KPU Sultra beberapa waktu lalu telah melakukan pleno perolehan suara bagi partai politik (Parpol) dan caleg.

Berdasarkan hasil pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang tertuang pada formulir model DB 1 KPU Baubau, Buton, Busel, Buteng dan Wakatobi, beredar perolehan Partai Politik (Parpol) dan calon legislatif (Caleg) peraih kursi DPRD Provinsi Sultra di Dapil IV. Dari 10 kursi yang diperebutkan salah satu Parpol bisa dipastikan mendudukan wakilnya di DPRD Sultra berdasarkan hasil pleno KPU Provinsi Sultra 12 Mei 2019 lalu adalah Partai Gerindra dengan total suara 14.019.

Dengan rincian perolehan suara yakni suara partai 1.666. Kemudian suara caleg masing-masing Muh. Ishak Zuhur 2.883, Arbain Aulia Rahman 1.845, Hasrawati 532, Irwan 559, Oktafiani 176, Isro Daeng Halim 662, Titin Indrawati 130, Haeruddin Konde 2.898, AKBP (Purn) Ilyas 1.745, M. Ramadhan Ilahi 923.

Berdasarkan perolehan suara di internal partai Gerindra tersebut, sekalipun memiliki selisih yang cukup tipis 15 suara dengan caleg nomor urut 1 Muh. Ishak Zuhur, hampir dipastikan caleg pemilik nomor urut 8, Haeruddin Konde melanggeng bersama 9 caleg lainnya dari dapil IV Sultra.

Saat di konfirmasi, Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir membenarkan hasil perolehan suara partai Gerindra di Dapil IV Sultra dengan total suara 14.019 dan menetapkan Haeruddin Konde sebagai caleg pemilik suara terbanyak partai Gerinda.

“Baru penetapan hasil rekapitulasi penghitungan suara sah, kalau penetapan calon terpilih belum,” ungkap Abdul Natsir, Kamis 16 Mei 2019.(b)

Penulis: Amrin Lamena
Editor: Bas

NEWS FEED