Tarimi: Kehadiran Universitas di Muna Dapat Mengangkat Martabat Daerah Kita

Pena Daerah212 views

PENASULTRA.COM, MUNA – Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akhirnya resmi memiliki universitas berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia Nomor 895/E/O/2022.

Adalah Universitas Karya Persada penggabungan antara Politeknik Karya Persada Muna degan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Karya Persada Muna.

Universitas Karya Persada merupakan universitas pertama di Bumi Sowite yang terletak di Jalan Gambas, Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Batalaiworu, Kabupaten Muna.

Diketahui, Karya persada adalah sebuah yayasan pendidikan milik salah satu putra terbaik Muna, Albert yang selama ini konsen membangun dunia pendidikan di Muna. Tak dipungkiri, berkat kerja kerasnya, sebuah universitas yang menjadi impian masyarakat Muna selama ini akhirnya resmi terbentuk.

Kehadiran perguruan tinggi tingkat universitas itu mendapat apresiasi dari dan dukungan dari sejumlah pihak. Salah satunya dari Anggota DPRD Kabupaten Muna, Tarimi.

Politisi Nasdem itu mengatakan bahwa hadirnya Universitas di Muna menjadi harapan baru bagi masyarakat dan generasi muda sehingga tak perlu lagi jauh-jauh keluar daerah untuk melanjutkan pendidikan tinggi pasca tamat SMA/SMK.

“Hadirnya Universitas di Muna harus mendapat dukungan penuh dari semua pihak, karena ini aset yang dapat mengangkat martabat daerah kita sehingga bisa sejajar dengan daerah lain yang ada di Sultra”, kata Tarimi kepada media ini, Minggu, 25 Desember 2022.

Dengan adanya Universitas Karya Persada ini, Tarimi berharap kepada masyarakat dan Pemerintah Daerah bisa bersinergi membangun dan memajukan dunia pendidikan di Muna.

“Kita berharap agar kedepannya bersama sama bisa membangun daerah kita ini terutama dalam memajukan dunia pendidikan tinggi”, tutur anggota DPRD Muna Komisi III itu.

Saat ini, Universitas Karya Persada Muna memiliki 10 Program Studi yaitu:

  1. Pendidikan profesi ners program profesi
  2. Ilmu keperawatan program sarjana
  3. Promosi kesehatan program sarjana terapan
  4. Kebidanan program diploma tiga
  5. Administrasi layanan kesehatan program diploma tiga
  6. Administrasi rumah sakit program diploma tiga
  7. Hukum program sarjana
  8. Manajemen program sarjana
  9. Administrasi kesehatan program sarjana
  10. Keselamatan dan kesehatan kerja program sarjana.

Menurut informasi yang dihimpun media, kampus pertama di Muna itu akan dipimpin oleh salah satu profesor ternama di Sultra. Ia adalah Prof. Dr. Usman Rianse. Prof Usman merupakan mantan Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari dua periode.

Penulis: Husain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *