oleh

Teknologi dan Artificial Intelligence Menggantikan Manusia

-Pena Style-804 views

Oleh: Herianto
Mahasiswa Program Studi Manajemen Univeritas Sembilanbelas November Kolaka

Bismillahirrahmannirrahiim. Dalam pembahasan kali ini saya akan menguraikan beberapa informasi kepada anda terkait perkembangan teknologi di abad ini yang telah menguasai hampir setiap rana kehidupan kita, banyak pekerjaan mendasar yang saat ini telah otomatis di kerjakan oleh komputer dan robot yang telah di program, sehingga berdampak positif juga negatif saat di lihat dari beberapa sudut pandang masyarakat. Maka dari itu saya rasa penting kita menguasai dan memahami apa sih  teknologi dan artificial intelligence itu yang berpotensi menggantikan manusia untuk bekerja di masa sekarang dan masa yang akan datang.

Teknologi Adalah semua  alat atau sarana yang menyediakan barang-barang yang di perlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan proses merubah atau mengelola sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana dengan beragam fungsi sesuai kebutuhan yang di perlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Artificial intelligence merupakan sebuah produk kecerdasan yang ditanamkan pada sistem dengan pengaturan dan perhitungan ilmiah, sehingga produknya sering disebut sebagai AI.

AI adalah singkatan dari Artificial Intelligence yang memiliki kemampuan besar dan tersistem untuk memberi tafsian berbagai bentuk data dan informasi dengan tepat baik dan benar.

Artificial Intelligence atau yang bisa dipahami sebagai kecerdasan buatan bisa Anda temukan di beberapa produk canggih modern yang telah lama diimpikan oleh manusia. Kecanggihan produk AI yakni kemampuannya yang ditanamkan sebuah sistem untuk beradaptasi dengan manusia secara fleksibel.

Tujuan utama dari diciptakannya produk tersebut pada dasarnya memang untuk membantu berbagai aktivitas dan pekerjaan manusia. Sehingga di dalamnya tertanam beberapa sistem logika, sistem pakar, dan lainnya.

Fungsi Penting dari Kecerdasan Buatan

AI secara nyata terbukti mampu menyelesaikan berbagai tugas berkaitan dengan aktivitas manusia, seperti berinteraksi, menyelesaikan dan melakukan perintah lewat sistem sensorik.

Melakukan beberapa kegiatan produksi atau bisnis, menghibur manusia dengan memberikan gerakan unik atau banyak hal lainnya. Selain fungsi tersebut AI dapat membantu memberikan saran untuk menyelesaikan masalah manusia.

Pemanfaatan AI  yang pertama digunakan adalah sebagai pusat informasi yang sangat kaya sehingga Anda bisa menanyakan banyak hal yang belum Anda ketahui.

AI mampu memberikan beragam informasi mulai dari lokasi di seluruh dunia bahkan untuk melacak tempat paling terpencil sekalipun, atau berbagai hal tentang informasi dan data lainnya.

Informasi umum seputar beragam pengetahuan dan wawasan menarik juga bisa Anda dapatkan lewat teknologi AI. Anda juga dapat membagikan informasi dan data penting untuk seluruh orang di dunia lewat teknologi ini.

Mempermudah Beragam Kebutuhan Manusia

Segala kebutuhan manusia lebih mudah dengan adanya penerapan sistem AI. Biasanya dapat terlihat dari beberapa produk teknologi yang mampu membantu kehidupan sehari-hari. Seperti robot pembersih debu otomatis yang sangat cocok digunakan di rumah, mobil auto driver, robot pemasak, dan masih banyak lagi lainnya.

Menjalankan Sistem Komunikasi yang Lebih Fleksibel dan Mudah

Produk dari kecerdasan buatan yang sangat canggih lainnya adalah menghasilkan kemampuan untuk berkomunikasi dengan manusia. Kini Anda bisa menemukannya di berbagai aplikasi dengan kecerdasan buatan. Atau bahkan pada platform terbesar seperti Google. Bahkan kecerdasan buatan yang diterapkan pada beberapa teknologi robot kini coba dikembangkan untuk menganalisis dan memahami emosi manusia. Kini Anda tidak perlu khawatir kesepian lagi karena teknologi AI bisa Anda jadikan sebagai teman untuk berkomunikasi, baik secara langsung maupun lewat media dengan perangkat lunak tertentu.

Membantu Segala Pekerjaan Manusia di Berbagai Bidang

Secara nyata, kecerdasan buatan juga bisa diterapkan untuk membantu pekerjaan manusia di berbagai bidang. Anda lebih mudah untuk menemukannya di beberapa bidang bisnis, seperti restoran di Jepang, jasa layanan pelanggan, dan sebagainya. Kebanyakan teknologi yang menerapkan AI untuk pekerjaan manusia dibuat dalam bentuk robot canggih. AI lebih banyak digunakan di bidang bisnis karena lebih efektif dan bisa menekan biaya produksi untuk mengganti tenaga manusia.

Contoh Penerapan Kecerdasan Buatan

Melihat beragam fungsinya di atas, sebenarnya Anda dapat menemukannya pada beberapa contoh produk yang di dalamnya tertanam AI. Berikut adalah beberapa produk dengan kecerdasan buatan yang bisa Anda temui di sekitar secara umum.

Digital Twin Kecerdasan buatan juga bisa diterapkan dalam bentuk perangkat lunak atau software, salah satu bentuknya seperti Digital Twin. Teknologi ini berupa sistem yang memiliki respon terhadap segala perubahan serta dapat meningkatkan kinerja berbagai sistem perangkat yang mengalami permasalahan tertentu. Digital Twin yang berupa software ini juga dapat memahami keadaan segala perangkat yang sedang memanfaatkan kinerjanya. Teknologi digital twin telah banyak dan cocok diterapkan di berbagai perusahaan manufaktur karena dianggap mampu menggantikan tenaga yang bersumber dari manusia.

AI And Advanced Machine Learning

Produk inovasi teknologi paling canggih dan populer dengan penerapan AI adalah AI and Advanced Machine Learning.

Jenis teknologi ini bisa Anda temukan di berbagai produk pintar seperti robot, kendaraan otomatis, personal assistans dan lainnya. Kelebihannya yakni pembelajaran serta adaptasi yang cepat, serta mampu beroperasi mandiri. Jenis teknologi inilah yang paling banyak diterapkan di berbagai mesin penggerak otomatis yang canggih dan dapat mempermudah segala aktivitas manusia. Kecanggihan AI and Advanced Machine Learning juga bisa dimanfaatkan untuk beberapa peralatan teknologi canggih untuk kebutuhan hidup sehari-hari, seperti robot pembersih rumah, dan lain-lain.

Mobil Auto Driver Tanpa Pengemudi

Anda tentu tahu bahwa banyak pesawat kini telah menerapkan sistem canggih auto pilot sehingga bisa berjalan sendiri selama beberapa waktu. Sistem AI juga bisa diterapkan pada mobil sehingga membuatnya dapat bergerak tanpa harus ada pengemudi. Teknologi semacam ini menggunakan alat bantu sensor pengendali. Anda bisa sampai ke alamat yang dituju tanpa harus mengemudi bermil-mil jauhnya dengan bantuan peta digital. AI pada mobil auto driver juga memiliki sistem sensor yang digunakan untuk mendeteksi berbagai objek di sekitar. Kemudian bergerak sesuai jalur pilihan serta menghindari berbagai bahaya dan rintangan yang ada di sekeliling mobil.

Intelligent Things

Mesin atau otak komputer yang menerapkan sistem kecerdasan buatan adalah intelligent things yang ada pada teknologi kendaraan. Kelebihan penerapan AI pada sistem kendaraan adalah mampu memprediksi dan mendeteksi jarak dari alat transportasi yang Anda kendarai dengan objek lain di sekitarnya.

Bixby

Bikby adalah asisten pintar yang dikembangkan oleh Samsung, aplikasi tersebut disematkan pada gadget dari Samsung terbaru seperti smartwatch dan smartphone dari Samsung. Asisten digital tersebut telah dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan. Sehingga dapat mengenali pola dan kebiasaan kita. Dia akan membantu dalam menemukan sesuatu yang kamu suka dan sering lakukan. Selain itu, Bixby juga dapat mengenali sebuah gambar, kemudian menelusurinya di internet.

Robot Penyedot Debu

Robot penyedot debu kini juga telah berkembang dengan dilengkapi teknologi kecerdasan buatan, sehingga mampu mempelajari pola dan mengerjakan pekerjaannya dengan baik dan benar. Robot dengan AI ini dapat memindai beberapa halangan dan membuat jalur untuk membersihkan, kemudian kembali pada port dan bisa mengisi daya secara otomatis.

Nah, itulah beberapa contoh teknologi kecerdasan buatan yang banyak digunakan saat ini. Pengembangan produk kecerdasan buatan awalnya melalui proses yang cukup lama, seiring perkembangan teknologi Ai semakin maju dan canggih seiring perkembangan jaman.

Hingga kini pengembangan tersebut masih dan terus dilakukan, sehingga Anda juga berkesempatan untuk memanfaatkan atau turut berinovasi kedepannya nanti.

Sebagaimana yang kita ketahui, teknologi kecerdasan buatan atau yang disebut dengan Artificial Intelligence ini telah berkembang dengan begitu pesatnya.

Semua bekerja secara canggih dan diklaim telah mampu menggantikan sebagian besar kegiatan manusia.

Di mana-mana kini pengguna teknologi AI sudah mulai digunakan untuk berbagai keperluan.

Selain dalam pekerjaan, teknologi kecerdasan buatan juga mulai dilirik pada industri perfilman.

Beragam film bertemakan kecerdasan buatan telah hadir dan sangat menarik penontonnya.

Banyak yang takjub dan banyak juga yang beranggapan bahwa teknologi ini benar-benar mampu menggantikan peran manusia dalam berbagai hal.

Apa Itu Teknologi AI?

Tahukah anda tentang AI? Dan bagaimana pengaruhnya terhadap kehidupan manusia?

Dapat disebutkan bahwa teknologi AI atau kecerdasan buatan adalah kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem. Sistem tersebut bisa apa saja, termasuk robot ataupun komputer.

Tentu saja secara langsung maupun tidak langsung, kehadiran teknologi sedikit mempengaruhi kehidupan dari berbagai bidang. Misalnya saja, customer service yang dahulunya bekerja secara manual kini sudah bisa bekerja secara otomatis.

Fitur balas otomatis tersebut sebenarnya salah satu penerapan dari teknologi kecerdasan buatan.

Apakah Teknologi Kecerdasan Buatan Dapat Menggantikan Manusia?

Banyak sekali yang mengkhawatirkan tentang hal ini,

Khawatir jika adanya teknologi kecerdasan buatan bisa mengambil alih pekerjaan yang selama ini dilakukan oleh manusia. Mereka merisaukan adanya teknologi ini membuat angka pengangguran semakin meningkat dan tidak dapat bekerja lagi seperti dahulu.

Tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, banyak pakar dan ahli telah berpendapat bahwa teknologi apapun termasuk kecerdasan buatan tidak mampu menggantikan peran Manusia sama sekali. Saya pun setuju dengan pendapat tersebut, robot dan manusia itu berbeda. Walaupun robot telah diberikan kecerdasan, namun kemampuannya tidak akan bisa menggantikan manusia.

Lantas, Bagaimana Untuk kedepannya?

Kondisi ini yang paling mungkin terjadi di masa yang akan datang. Mari disimak sedikit penjelasannya!

Robot dan Manusia Tetap Hidup Berdampingan

Robot dan manusia berdampingan? Apakah mungkin hal ini akan terjadi, Mengingat kemampuan AI begitu baik dan tepat.? Tentu saja sangat memungkinkan. Terlebih lagi jika memang robot tersebut punya kemampuan yang hampir sempurna seperti manusia. Pekerjaan dapat dilakukan bersama-sama sehingga tercipta simbiosis mutualisme dalam menjalani kehidupan. Di dalam sebuah perusahaan misalnya, robot dan juga manusia bisa sama-sama menjadi karyawan. Robot tetap melakukan pekerjaannya dan manusia melakukan pekerjaan yang tidak dapat dilakukan oleh para robot tersebut.

Robot Melengkapi dan Mendukung Pekerjaan Manusia

Robot yang dibekali dengan kecerdasan buatan hadir untuk mendukung dan melengkapi pekerjaan manusia. Kecerdasan buatan hadir dan berkembang untuk membantu meningkatkan kualitas hidup manusia. Jadi siapapun Anda tidak perlu takut dengan hadirnya teknologi kecerdasan buatan. Sebab Teknologi ini tidak akan mampu menggantikan peran dan kehidupan manusia sama sekali.

Kesimpulannya

Jadi dapat kita simpulkan bahwa teknologi AI sama sekali tidak dapat menggantikan peran manusia di kehidupan. Dan memang diciptakan teknologi tersebut bukan bertujuan untuk hal demikian.

Tetapi dikembangkannya teknologi supaya manusia dapat bekerja secara lebih ringan sehingga pekerjaan yang dilakukan bisa dengan cepat selesai, mengingat kebutuhan manusi saat ini yang semakin banyak, maka sangat di perlukan AI untuk membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dan kebutuhan hidup orang lain.

Komentar

NEWS FEED