oleh

Tim SAR Wakatobi Selamatkan Penumpang KM Manusela yang Tabrak Karang

Benner Kepala

PENASULTRA.COM, WAKATOBI – Basarnas Kabupaten Wakatobi berhasil mengevakuasi penumpang kapal motor (KM) Manusela 05 yang menabrak karang di perairan Kaledupa.

Kapal yang mengambil rute reguler Baubau-Binongko ini diketahui berangkat dari Pelabuhan Murhum pada Rabu 13 Maret 2019 sekitar pukul 22.00 Wita.

Saat berlayar, KM Manusela 05 membawa penumpang kurang lebih 40 orang dan anak buah kapal (ABK) tujuh orang.

Dalam perjalanannya memasuki perairan Kaledupa, kapal mengalami patah as kemudi sehingga nakhoda tak mampu mengarahkan kapal ke jalur yang tepat.

Baca Juga:  Pelantikan PAW DPRD Wakatobi Kembali Ditunda, Ada Apa?

Alhasil, KM Manusela 05 langsung menabrak karang yang seketika itu mengakibatkan lambung kapal mengalami kebocoran. Mesin kapalpun tak hidup lagi.

Tim Basarnas Wakatobi yang menerima informasi kecelakaan sekitar pukul 07.40 Wita langsung bertolak ke lokasi untuk menyelamatkan para penumpang.

“Kami dapat informasi dari salah seorang penumpang bernama ibu Irma sekitar pukul 07.30 Wita, bahwa kapal penumpang tersebut mengalami musibah,” ungkap Humas Basarnas Kendari, Wahyudin.

Baca Juga:  Bawaslu Sultra Temukan Berkas Tujuh Caleg Wakatobi Tak Penuhi Syarat

Beruntung, seluruh penumpang dapat diselamatkan segera sebelum akhirnya KM Manusela 05 karam.

“Menurut informasi dari penumpang semua sudah dievakuasi Basarnas. Mereka dalam keadaan selamat semuanya,” tutur Muhamad Jaya, salah seorang keluarga penumpang.(b)

Penulis: Deni La Ode Bono
Editor: Ridho Achmed

Benner Kepala

NEWS FEED