oleh

Tingkatkan Ketahanan Pangan, Pemkab Wakatobi Kembangkan KRPL

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, WAKATOBI – Dalam meningkatkan ketahanan pangan melalui pemberdayaan sumber daya lokal, Pemerintah Kabupaten Wakatobi mengembangkan program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di dua kecamatan yang ada di Pulau Tomia.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Wakatobi, Sulaeman mengatakan, program KRPL merupakan program Kementerian Pertanian yang bertujuan mengajak warga untuk memanfaatkan pekarangan rumah secara intensif untuk berbagai sumber daya lokal.

Dengan cara itu, suatu keluarga diharapkan mampu menjamin kesinambungan ketersediaan bahan pangan yang berkualitas dan beragam.

Baca Juga:  Masyarakat Wakatobi Diajak Pertahankan Pangan Lokal

Di Wakatobi, kata dia, KRPL sudah berjalan sejak 2015 di beberapa desa. Untuk 2018 ini, bantuan KRPL diberikan kepada dua kelompok yang ada di Desa Kolo Soha dan Waitii Barat di Kecamatan Tomia.

“Adapun kelompok penerimanya terdiri dari ibu-ibu rumah tangga yang dinamakan kelompok tani wanita. Setiap kelompok akan diberikan bantuan berupa bibit tanaman holtikultura, pupuk, rumah pelindung tanaman,” tutur Sulaeman pada awak Penasultra.com, Kamis 25 Oktober 2018.

Baca Juga:  Kualitas Pangan di Wakatobi akan Diawasi Ketat

Menurutnya, KRPL juga dapat memberikan sumbangan pangan untuk dikonsumsi keluarga sehingga bisa menghemat pengeluaran dalam memenuhi kebutuhan pangan dan gizi sehari-hari.

“Dengan adanya program KRPL ini setiap masyarakat lebih mandiri menjaga ketahanan pangan rumah tangga secara berkelanjutan dalam pemenuhan gizi bagi keluarga dan masyarakat sekitar,” tutupnya.(b)

Penulis: Deni La Ode Bono
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED