oleh

Wow, Ternyata Butur Daerah Penghasil Nilam Terbesar di Sultra

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Bupati Buton Utara (Butur), Abu Hasan akan mulai mengembangkan budidaya tanaman nilam. Hal itu dilakukan, karena Butur ternyata salah satu daerah penghasil nilam terbesar di Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Butur daerah sejuk dan subur, yang hampir semua potensi pertanian dan perkebunan ada di Butur termasuk tanaman nilam,” kata Abu Hasan usai penandatanganan MoU bersama Dirjen Perkebunan terkait kerjasama pengembangan produk unggulan kawasan jambu mete dan kelapa, Minggu 3 November 2019.

Baca Juga:  Pelaksanaan MTQ di Butur Torehkan Tiga Kesuksesan

Khusus tanaman nilam, sebagian besar berada di Kecamatan Kulisusu Barat hingga Bonegunu. Masyarakat memilih menanam nilam, menurut Abu Hasan sebagai pendapatan tambahan.

“Masyarakat Butur menanam nilam sejak 3 tahun terakhir,” ujarnya.

Sementara itu, Arlan Victor Ponganan, Field Buyer Givaudan atau perusahaan wewangian asal Swiss mengatakan, 70 persen pengahasil nilam terbesar ada di Sulawesi. Daerah itu diantaranya meliputi Sultra, Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Sulawesi Barat (Sulbar).

Baca Juga:  Serap Aspirasi Masyarakat Jadi Pokok Pikiran Dewan Butur

“Di Sultra hampir semua. Kecuali Konawe Kepulauan. Namun masih banyak petani nilam yang belum tahu bagaimana cara membudidayakan nilam. Inilah yang ingin kita ajarkan pada masyarakat. Kebetulan Bupati Butur mau dan alat kami hanya menggunakan 0,6 kayu bakar,” ujarnya.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED