oleh

400 Siswa SMP di Muna Ikut Tes Pemanduan Bakat Olahraga

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, MUNA – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Muna menggelar tes pemanduan bakat olahraga di Sarana Olah Raga (SOR) La Ode Pandu, Selasa 12 September 2019.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 400 siswa siswi se-Kabupaten Muna usia 12 sampai 14 tahun ini merupakan program unggulan Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Tes pemanduan bakat yang digelar selama dua hari ini dimaksudkan untuk melihat bakat, hobi, minat dan intelegensi dengan menghadirkan pemandu profesional. Sehingga secara akademik semua dapat dapat tersalurkan dengan baik.

“Sehingga kami dari Dikbud merespon ini dengan menghadirkan 400 siswa siswi sesuai dengan permintaan dari Kemenpora. Hari ini 200 besok juga 200 siswa,” kata Ashar Dulu, Kadisbud Muna saat membuka kegiatan.

Menurutnya, kegiatan ini menambah pendidikan ekstrakurikuler. Dimana secara edukatif melahirkan efektifitas pada aspek budipekerti, serta aspek pisikomotorik pada keterampilan anak dapat tersalurkan.

“Saya nanti bersama dengan Kadispora akan membuat proposal untuk kita ajukan ke Pemda agar pembinaan bakat seperti ini bisa berkelanjutan,” cetus Ashar.

Senada, Kabid Pembudayaan Dispora Muna, Much Kamsil Syahrani mengatakan, pemanduan  bakat yang dilaksanakan oleh pihak kemenpora RI sebagai wujud nyata desain jangka panjang olahraga tanah air.

“Muna adalah kabupaten yang pernah mencetak medali emas pada kejuaraan dunia pencak silat, juga lahirnya pendayung-pendayung tangguh yang membela merah putih di kancah internasional,” ungkap Kamsil.

Selain itu, tambah Kamsil, Muna juga melahirkan pesepakbola tangguh seperti Sadil Ramdani yang hari ini menjadi bintang persepakbolaan tanah air.

“Semoga kegiatan ini memberi gambaran dalam membina atlet pelajar di sekolahnya, sehingga apa yang menjadi harapan kita dapat tercapai,” pungkasnya.(b)

Penulis: Sudirman Behima
Editor: Faisal

NEWS FEED