Program SETARA ASR-Hugua Diyakini Mampu Menjawab Keresahan Masyarakat Kepulauan

PENASULTRA.COM, BAUBAU – Pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Andi Sumangerukka-Hugua, memiliki delapan program unggulan, jika nantinya rakyat Sultra memberikan kepercayaan memimpin Sultra untuk lima tahun kedepan.

Delapan program unggulan itu, salah satunya yakni Rp 1 Triliun anggaran (Setara) untuk Sultra wilayah Kepulauan. Dimana, wilayah Sultra terdiri dari dua bagian besar yakni Sultra daratan sebagai pusat pemerintahan dan Sultra kepulauan yang terdiri dari sejumlah kabupaten/kota.

Hugua, Calon Wakil Gubernur Sultra mendampingi Andi Sumangerukka mengatakan program tersebut muncul akibat alokasi APBD Provinsi yang selama ini tidak proporsional disejumlah wilayah kabupaten/kota di Sultra khususnya wilayah Kepulauan.

Bahkan saat menjabat Bupati Wakatobi dua periode. Hugua mengungkapkan jika alokasi APBD Provinsi ke Wakatobi hampir tidak nampak. Lantaran daerah yang dipimpin Hugua saat itu Wakatobi masuk wilayah kepulauan dan dalam mendapatkan porsi APBD Provinsi terbilang bisa dihitung dengan jari tangan.

“Dengan fakta itu, saya sampaikan kepada Bapak ASR bahwa kita harus komitmen bilamana kita menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra. Maka APBD provinsi kita harus berlaku adil,” kata Hugua, saat menggelar kampanye terbatas di Kecamatan Betoambari Kota Baubau, Minggu, 13 Oktober 2024.

Menurut Hugua, perlakuan adil dimaksud yakni dengan alokasi anggaran provinsi yang seimbang. Karena daratan memiliki jumlah kabupaten/kota lebih banyak ketimbang kepulauan sehingga harus proporsional.

“APBD Sultra ini kan Rp 5,3 Triliun, lalu belanja pegawai mencapai 1,9 Triliun. Berarti masih ada Rp 3,4 Triliun. Jadi, wilayah kepulauan mendapat Rp 1 Triliun dan daratan Rp 2,4 Triliun,” ungkap Hugua, sontak mendapat aplaus sekitar 2.000 simpatisan dan relawan.

Dengan porsi anggaran itu lanjut Hugua, pembangunan di sejumlah kabupaten/kota di wilayah kepulauan tentu sangat penting. Mengingat banyak urusan rakyat yang tidak terakomodir dengan keterbatasan anggaran APBD di kabupaten/kota.

Bahkan selama melaksanakan road show kampanye terbatas di wilayah kepulauan, Hugua menemukan beberapa ruas jalan provinsi yang mengalami rusak parah dan butuh perbaikan hingga pembangunan baru.

“ASR-Hugua yakin dengan proporsi anggaran antara kepulauan dan daratan, lambat laun persoalan rakyat akan terselesaikan. Saat ASR-Hugua kampanye di wilayah Buteng beberapa hari lalu, ASR-Hugua mendapat atensi masyarakat untuk pembangunan jalan provinsi di sana, yang sudah rusak parah” pungkas Hugua.(dir)