oleh

Ali Mazi Janjikan Pemekaran Provinsi Kepton

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi kembali yakinkan masyarakat Buton dengan berjanji akan memperjuangkan pemekaran Provinsi Kepulauan Buton (Kepton) sesuai dengan janji politiknya.

“Mohon doa dan dukungannya, agar ini dapat terwujud pada periode 2018-2023,” kata Ali Mazi saat menyampaikan sambutan dalam acara halal bi halal Perkerabatan Masyarakat Kepulauan Buton (Perekat Kepton) di Gor Bahteramas Kendari, Minggu 23 Juni 2919.

Ia meminta, setiap kerukunan di kabupaten kota yang berada dalam wilayah Kepton yakni Buton, Baubau, Buton Tengah (Buteng), Buton Selatan (Busel), Buton Utara (Butur) dan Wakatobi ikut memprakarsai nama Buton sebagai tema sentral dalam merekatkan kejayaan Buton dimasa lalu.

Baca Juga:  Jadi Tuan Rumah STQ ke XXV, Ini Kata Sulkarnain

“Jadi nanti misalnya Baubau jadi Kota Buton, Wakatobi jadi Buton Timur begitupun yang lain. Jika kedepan Kabaena mekar saya harap akan jadi Buton Barat,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Acara, Asrun lio mengatakan, acara ini baru pertama dilakukan, jika biasanya dilakukan per paguyuban tiap kabupaten kota, kini disatukan jadi Perekat Kepton.

Baca Juga:  Komentari Kredit Macet Ishak Ismail di Bank Sultra, Umar Bonte Dinilai Ngawur

“Karena sesusai apa kata pak gubernur. Jika nanti terbentuk Provinsi Kepton akan jadi tema sentral dan Buton yang jadi perekat,” ujarnya.

Asrun lio yang juga menjabat Kadis Dikbud Sultra ini, menegaskan bahwa tiap kabupaten kota menampilkan filosofi hidup masing-masing.

“Juga hadir para tokoh dari Kepton mulai dari para bupati, politisi, akademisi dan tokoh-tokoh lainnya. Baubau yang hadir Sekot Baubau, Butur diwakili tokoh adatnya, Buton datang langsung bupatinya,” tutupnya.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Kas

NEWS FEED