oleh

BNNK Gelar Tes Urine di Pelabuhan Nusantara Raha

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, MUNA – Mengantisipasi penyalagunaan dan peredaran obat-obatan terlarang jenis Narkotika pada arus mudik Idul Fitri 1440 H, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Muna menggelar tes urine di Pelabuhan Nusantara Raha, Jum’at 31 Mei 2019.

Operasi yang menyasar Kapten (Nahkoda), para Anak Buah Kapal (ABK), sopir mobil angkutan jarak jauh (luar kota) serta ojek yang mangkal di pelabuhan Raha.

Kepala BNNK Muna, La Hasariy mengatakan, kegiatan ini digelar dalam rangka pra hari anti Narkotika Nasional dan Operasi Ketupat Anoa 2019.

Baca Juga:  Bingkisan Idul Fitri untuk ASN Masuk Kategori Gratifikasi

Hasariy menyebutkan, sebanyak 36 orang yang telah dilakukan tes urine, diantaranya 11 orang Kapten, ABK Kapal malam rute Raha-Kendari dan Kapal Fery rute Raha-Pure. Sisanya, 25 sopir angkot serta tukang ojek yang sehari-hari mengantri penumpang dia area Pelabuhan Nusantara Raha.

“Hasilnya 36 orang itu negatif. Awak kapal cepat tidak kita lakukan tes urine, karena dari koordinasi kami dengan BNN Kota Madya Kendari, mereka (Kapten dan ABK) sudah diperiksa di Kendari,” kata Hasariy.

Baca Juga:  Polres Konsel Kerahkan 158  Personel

Ia menghimbau kepada para pemudik untuk tidak mencoba membawa obat-obatan jenis narkotika. Dan demi keselamatan bersama dalam perjalanan. Bagi para Kapten, ABK, pengemudi angkutan jarak jauh maupun tukang ojek agar tidak menkonsumsi narkoba.

Kegiatan ini melibatkan sejumlah pihak terkait. Yakni Polres Muna, Kodim 1416 Muna, Syahbandar, Dishub, Dinkes, Setkom, dan Sat Pol PP setempat.(b)

Penulis: Sudirman Behima
Editor: Kas

NEWS FEED