oleh

APBMI Konut Minta PT Antam Berdayakan Pengusaha Lokal

-Pena Daerah-121 views

PENASULTRA.COM, KONAWE UTARA – Kehadiran PT Antam Tbk di Konawe Utara (Konut) seyogianya dapat memberikan nilai positif ekonomis, memberdayakan dan bersinergi dengan pengusahan lokal yang berdomisili di Bumi Oheo.

Permintaan itu disuarakan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat (APBMI) Konut, Alfian Tajuddin.

“PT Antam mestinya membuka ruang bagi pengusahaa lokal yang bergerak dibidang usaha jasa bongkar muat untuk membangun kemitraan dengan perusahaan BUMN. Bukan menutup ruang gerak para pelaku usaha untuk bermitra, “kata Alfian Tajuddin, Rabu 29 September 2021.

Alumni Fisip UHO berpandangan PT Antam telah lama berada diwilayah Konawe Utara. Mulai tahap eksplorasi hingga kini telah masuk tahap eksploitasi tanah tambang. Konsesi garapan lahan tambang yang terbilang cukup luas, justru harus memberikan “mata air” kehidupan dengan melahirkan usaha-usaha baru.

“PT Antam harus bersinergi dan memberikan support para pelaku usaha. Baik jasa bongkar muat maupun usaha jenis lainnya. Sehingga kehadiran PT Antam benar-benar dirasakan manfaatnya bagi seluruh elemen masyarakat Konut, “pendapatnya.

Alfian Tajuddin mencatat anggota APBMI yang tergabung dalam asosiasi telah mencapai puluhan perusahan bongkar muat. Bilamana semua PBM diakomodir oleh PT Antam Tbk dalam kegiatan bongkar muat diwilayah terminal khususnya. Dipastikan serapan tenaga kerja juga mengalami peningkatan dan mengurangi angka pengangguran.

Alfian juga menyarankan agar PT Antam tidak perlu menggunakan kontraktor luar. Sebab kontraktor lokal yang berdomisili di Konawe Utara dari segi sumber daya manusia dan sarana pendukung lainnya cukul mumpuni dibidang pertambangan. Mestinya konsep pemberdayan lokal yang perlu mendapat perhatian khusus. Sehingga kehadiran PT Antam benar-benar terasa kehadirannya di Konawe Utara.

“Pelibatan kontraktor luar mestinya dihentikan. Agar melahirkan multi efek buat perekonomian Konawe Utara. Walaupun bagaimana saya pelaku sejarah dalam mempertahankan PT Antam di Konut pada tahun 2011 yang lalu. Jadi wajar bila memberikan saran dan masukan pada manajemen PT Antam,” sarannya menutup.

Penulis: Tim Redaksi

Komentar

NEWS FEED