oleh

Begini Cara Mudah Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM – Aplikasi WhatsApp saat ini sudah menjadi aplikasi berbagi pesan yang wajib terinstal di ponsel. Semua pengguna ponsel berbasis Android saat ini sudah tidak asing lagi dengan aplikasi milik Facebook itu.

Saking terkenalnya aplikasi WhatsApp, saat ini semua orang berkomunikasi hanya dengan aplikasi itu. Pengguna ponsel sudah jarang menggunakan SMS, atau telpon biasa.

Saat ini semua kegiatan komuniikasi dari mulai berkirim pesan, menelepon dan video call semua bisa dilakukan menggunakan WhatsApp sehingga sedikit demi sedikit aplikasi lain mulai dilupakan.

Apalagi WhatsApp selalu memperbaharui dan menambah fitur terbaru mereka, tentunya untuk semakin membuat pengguna merasa nyaman menggunakan WhatsApp.

Nah, ditengah beragam fitur yang dimiliki WhatsApp, ternyata saat ini banyak pengguna yang mengeluh tentang kontak WhatsApp hilang. Padahal sebelumnya sudah tersambung.

Banyak pengguna WhatsApp yang dibuat kesal dengan hilangnya sejumlah kontak dari daftar kontak di WhatsApp. Sehingga membuat komunikasi mereka tidak berjalan dengan baik.

Baca Juga:  Ini Cara Menghapus Beban Memori Penyimpanan WhatsApp di Ponsel

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, berikut ini cara mengembalikan kontak WhatsApp yang hilang dengan mudah seperti dikutip dari Jalantikus.com. Ada dua cara yang harus diperhatikan dengan seksama, sehingga kontak WhatsApp yang hilang bisa muncul lagi.

Sejak Android Marshmello resmi dirilis, pengguna smartphone Android jadi leluasa dalam menentukan Permission mana saja yang akan diberikan pada suatu aplikasi.

Jika tidak mau memberikan izin aplikasi untuk membaca kontak, kamu bisa mengaturnya. Nah, bisa jadi kamu secara tidak sengaja membuat Permission WhatsApp untuk membaca kontak jadi Off, sehingga kontak WhatsApp kamu hilang.

Jika sudah demikian, cara mengatasinya adalah dengan masuk menu Settings – Application, lalu pada aplikasi WhatsApp pilih Permission. Buat Permission untuk membaca kontak jadi On. Ingat, ini hanya berlaku jika menggunakan Android Marshmallow.

Baca Juga:  Ini Cara Menghapus Beban Memori Penyimpanan WhatsApp di Ponsel

Karena terintegrasi akun google, pengguna Android bisa dengan leluasa menyimpan kontak nomor telepon di akun Gmail. Nah, jika kamu menggunakan banyak akun Gmail, bisa jadi kontak yang ada di akun Gmail kamu tidak ditampilkan di Phone Book, sehingga kontaknya tidak muncul di WhatsApp.

Cara mengatasinya adalah dengan masuk aplikasi Contacts atau Phone Book, lalu pilih Settings. Cari menu Contacts to display, lalu ceklis akun Gmail tempat kamu menyimpan kontak. Setelah itu jangan lupa Refresh Contact pada aplikasi WhatsApp.

Nah, itu dia 2 Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang. Sekarang kamu tidak perlu lagi khawatir jika mengalami kasus hilang kontak WhatsApp karena tidak sengaja mengubah pengaturan di smartphone.(b)

Sumber: jalantikus.com
Editor: Ridho Achmed

Komentar

NEWS FEED