oleh

BPS Sultra: Maret 2018 Kota Kendari Alami Deflasi

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Tenggara, mengumumkan Kota Kendari tercatat mengalami deflasi sebesar 0,08 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) 125,98.

Secara nasional, 82 kota yang menghitung inflasi, tercatat 25 kota yang mengalami deflasi sementara 57 kota lainnya tercatat inflasi.

Kasubag Tata Usaha BPS Sultra, Martini mengatakan deflasi tertinggi tercatat di Kota Tual, Provinsi Maluku dengan angka 2,30 persen. Dan deflasi terendah tercatat di Bulukumba Provinsi Sulawesi Selatan dengan angka 0,01 persen.

Baca Juga:  Awal 2019, Kendari Alami Inflasi 0.65 Persen

“Kalau inflasi tertinggi tercatat di Kota Jayapura, Provinsi Papua dengan angka 2,10 persen,” jelas Martini, Senin 2 April 2018.

Menurutnya, deflasi yang terjadi di Kendari disebabkan oleh turunnya dua indeks harga yaitu pada kelompok bahan makanan 0,66 persen serta kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan 0,07 persen.

Baca Juga:  Juni 2018, Sultra Alami Inflasi Tertinggi dari 11 Kota di Sulawesi

“Komoditas yang memberikan sumbangan deflasi terbesar adalah kembung (gembung/banyar/gembolo/aso-aso), layang (benggol), cakalang (sisik), angkutan udara, bandeng, tomat buah, tomat sayur, daging ayam ras, kol putih serta tembang,” tutupnya.(b)

Penulis: Clara Sinthia
Editor: Muhammad Al Rajap

Komentar

NEWS FEED