oleh

Capai Usia ke-28, Sintesa Tetap Kompak Menjalankan Misi Sosial

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Diperayaan hari ulang tahun (HUT) Yayasan Bina Potensi Desa atau dikenal dengan Sintesa ke-28 menjadi kebanggan tersendiri bagi setiap pengurus. Sebab, usia 28 ini bukan waktu yang singkat.

Salah seorang pendiri Sintesa, H. Mansyur Pawata mengatakan, kunci sukses Sintesa sehingga bertahan selama 28 tahun karena adanya kebersamaan dan kekompakan tim.

“Tapi selalu dipandu oleh arah atau visi lembaga yang jelas menuntun lembaga ke titik mimpinya,” kata Mansyur saat menyampaikan sambutan pada acara HUT Sintesa di Kendari, Rabu 6 Februari 2019.

Sintesa adalah lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang berkantor pusat di Kendari dan tetap eksis dalam menjalankan misi sosial kemasyarakatannya pada berbagai bidang. Khususnya pada bidang kesehatan dasar, peningkatan pendapatan masyarakat, pertanian dan perikanan, air bersih, demokratisasi dan lain-lain.

Baca Juga:  Hugua: Rencana Aksi Regional CTI Mutlak Libatkan Kepala Daerah di 6 Negara

“Sintesa bertahan dengan waktu yang lama karena dibangun oleh komitmen yang kuat oleh para pendiri dengan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan,” tambah Dewan Pengurus Sintesa, Ninzar Akib.

Sementara itu, Direktur eksekutif Sintesa periode 2002-2006, Hugua turut berbahagia. Pasalnya, di usia 28 tahun, Sintesa terus berkiprah dalam pembangunan kemasyarakatan.

Untuk itu, ia kembali mengingatkan semua staf Sintesa bahwa bekerja pada lembaga sosial merupakan media melatih diri untuk menjadi seorang pemimpin tangguh (strong leader) baik sebagai pemimpin keluarga maupun pemimpin masyarakat.

Ketiga prinsip dasar kepemimpinan tersebut menurut Hugua adalah jujur, sederhana dan mengabdi.

Baca Juga:  Hugua: Jokowi Itu Pemimpin Keren di Indonesia

“Contoh, banyak lepasan Sintesa yang sukses berkiprah dalam dunia politik antara lain saya sendiri, La Ode Ahmad Monianse sebagai Wakil Walikota Baubau dan Sudirman A. Hamid selaku Ketua DPRD Wakatobi dan masih banyak yang lainya,” sebut ketua PDIP Sultra itu.

Untuk informasi, saat ini, Sintesa mempunyai kantor cabang di 13 kabupaten kota di Sultra dan telah mendapat banyak dukungan dana dalam menjalankan misinya dari berbagai lembaga donor. Di antaranya Canada Fund, PCI Sandiego, USAID Amerika, AusAid Australia, British Fund Inggeris, Komite Arte Die Dritte Welt German, bank dunia, ADB dan masih banyak lagi.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED