oleh

Desa Lombakasi Dicanangkan Jadi Tempat Wisata Kolam Renang dan Pemancingan

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, BOMBANA – Desa Lombakasih, Kecamatan Lantari Jaya, Kabupaten Bombana akan dicanangkan menjadi salah satu objek wisata Kolam renang dan arena pemancingan ikan.

Sekretaris Desa Lambakasih, Edwin Sorumba menjelaskan, pembangunan kolam wisata ini merupakan ide pemerintah desa dan masyarakat setempat.

“Kolam wisata ini baru pertama kali ada di Bombana dan rencananya nanti tanggal 15 Agustus akan diresmikan langsung oleh Bupati Bombana,” kata Edwin saat ditemui di lokasi, Rabu 31 Juli 2019.

Sebagai langkah awal, pihaknya akan membangun tiga unit kolam wisata, yakni kolam renang yang diperuntukkan orang dewasa, anak-anak, serta untuk irigasi pertanian sekaligus tempat memancing ikan. Ditambah tiga unit kasebo.

Baca Juga:  Polres Bombana Gandeng Pemda Simulasi Pencegahan Kebakaran Hutan

“Waktu kolam pertama ini jadi, banyak sekali pengunjung yang datang, sampai 500 orang per hari. Tapi sekarang kita tutup dulu karena masih sementara pembangunan. Nanti sudah rampung semua baru kita buka lagi,” ungkap Edwin.

“Kita juga nanti akan persilakan pengunjung untuk memancing ikan di kolam sebelahnya. Dan sekarang ini ikannya sudah disediakan,” sambungnya.

Edwin Sorumba saat menunjukkan lokasi pembangunan kolam wisata. FOTO: La Ode Husaini

Senada, Abu Bakar Kepala Desa Lombakasi menjelaskan bahwa kolam wisata tersebut dibangun dengan dana desa dan pengelolannya nanti akan diserahkan ke Badan Usaha Milik Desa (BUMdes). Ia juga mengisahkan bahwa awalnya ia terinspirasi dengan salah satu desa yang ada di Jawa yang berhasil menjadi salah satu objek wisata sehingga desa tersebut berkembang pesat.

Baca Juga:  Gubernur BI Sebut Konsep 3A Penting untuk Pengembangan Pariwisata Sultra

“Hasil dari pengelolalaan tempat wisata ini akan diputar lagi untuk kebutuhan masyarakat, misalnya beli pupuk untuk petani. Karena di sini juga masyarakatnya mayoritas petani,” ucap Abu Bakar.

Ia berharap adanya kolam wisata ini bisa menambah pemasukan desa dan meningkatkan kesejahteran masyarakat.

“Insyaa Allah nanti kolam wisata ini akan menjadi ikon desa dan kabupaten Bombana kalau sudah mulai berkembang,” tukas Abu Bakar.(b)

Penulis: La Ode Husaini
Editor: Faisal

NEWS FEED