oleh

Dewan Pers Diminta Bersikap Tegas Atas Berita Hoax yang Menimpa Ketua Kadin Sultra

-Pena Hukum-341 views

PENASULTRA.COM, KENDARI – Ketua Barisan Aktivis Keadilan Sulawesi Tenggara (Bakin Sultra), La Munduru menyayangkan berita fitnah (hoax) yang menimpa ketua Kadin Sultra Anton Timbang (AT)

Dimana, salah satu oknum jurnalis inisial Ir memberitakan Anton Timbang pada salah satu media online dengan menyatakan bahwa Ketua Kadin Sultra diperiksa Kejati Sultra terkait pajak PT Masempo Dalle.

Namun, setelah dikroscek dan diminta keterangan pihak kejati ternyata berita tersebut adalah hoaks atau tidak benar.

“Pihak kajati juga lewat Kasipenkum meminta agar media online yang memberitakan pemeriksaan tersebut untuk tidak diberitakan lagi karena itu hoaks”, ungkap La Munduru menirukan ucapan Kasipenkum Kejati Sultra, Selasa, 2 November 2021.

“Dari ucapan Kasipenkum Kejati Sultra bahwa berita tersebut sudah memenuhi unsur bahwa berita tersebut merupakan berita bohong”, sambutannya.

Olehnya itu, aktivis UHO tersebut memberi saran pada inisial IR agar mempertanggungjawabkan karyanya jurnalisnya di mata publik dan segera mengklarifikasinya sebab menyebar berita bohong bisa dijerat UU ITE jika pihak dirugikan membawa keranah hukum.

Menurutnya, mestinya para jurnalis sebelum merilis berita melakukan konfirmasi kepada pihak yang bersangkutan agar tidak menimbulkan polemik.

“Langkah yang dilakukan Ir ini sangat mengukur kualitasnya didunia jurnalis, kalau mamang menghargai karya jurnalis mestinya mengedepankan indepensi jurnalis agar tidak menyeret keluarga besar pers kehilangan kepercayaan kepada publik”, cetusnya.

Penulis: Marwan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait