oleh

Dinkes Kendari Beri Edukasi Keamanan Pangan pada Konsumen dan Pedagang Kuliner

-Pena Kendari-134 views

PENASULTRA.COM, KENDARI – Dalam rangka memastikan kualitas bahan pangan aman dikonsumsi masyarakat di Kota Kendari Dinas Kesehatan Kota Kendari menggandeng Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) guna memberikan informasi serta edukasi keamanan pangan pada konsumen dan pedagang kuliner.

Edukasi itu dilakukan selama dua hari, mulai tangga 5-6 Oktober di salah satu hotel di Kota Kendari. Kegiatan ini diikuti sebanyak 200 peserta yang terdiri dari pedagang kuliner, UMKM, serta tokoh masyarakat.

Selain memastikan ketersediaan pangan, Pemkot Kendari kini juga melihat kualitas bahan pangan sebagai faktor yang dapat mempengaruhi kondisi seseorang.

“Ini sangat baik, selama inikan kita berbicara tentang kecukupan pangan. Tapi hari ini kita bicara tentang kualitasnya, bagaimana pangan yang kita konsumsi itu aman, bergizi dan bermanfaat untuk tubuh kita,” ujar Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, Selasa, 5 Oktober 2021.

Orang nomor satu di Kota Kendari itu berharap agar pengetahuan masyarakat tentang mengkonsumsi pangan dengan aman bisa bertambah selesai mengikuti kegiatan ini.

Disisi lain, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari drg. Rahmaningrum, menjelaskan edukasi berguna untuk melindungi masyarakat agar mengetahui makanan sehat dan aman.

“Di samping kita harus makan, tapi juga makanan yang akan kita konsumsi itu dipastikan harus aman,” terang Kadis Dinkes drg. Rahminingrum.

Sebelumnya diketahui, bahwa terdapat masyarakat kota Kendari yang keracunan akibat mengkonsumsi makanan, sehingga satu keluarga tersebut di rawat di rumah sakit kota Kendari.

“Betul-betul kejadian kemarin menjadi pembelajaran buat kita,” ucapnya.

Secara kasat mata tambah drg. Rahminingrum menyebutkan, makanan sehat yang dikonsumsi sebaiknya tidak menggunakan pewarna makanan, pemanis makanan apalagi pengawet atau sebaiknya makanan yang akan dikonsumsi sebelum disajikan menggunakan penutup agar terjaga keamanannya.

Editor: Sudiami

Komentar

NEWS FEED