oleh

Dosen UHO Beri Edukasi Kesehatan Mental Kepada Masyarakat Kelurahan Tobimeita

-Pena Kendari-299 views

PENASULTRA.COM, KENDARI – Melalui Program Kemitraan Masyarakat Internal UHO (PKMI-UHO), Dosen Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari melakukan edukasi kesehatan mental kepada masyarakat Kelurahan Tobimeita, Kecamatan Abeli, Kota Kendari pada Rabu, 4 November 2020.

Ramadhan Tosepu selaku perwakilan ketua tim mengatakan bahwa latar belakang dari kegiatan ini mengingat adanya risiko peningkatan masalah kesehatan jiwa akibat pandemik covid-19 di tengah masyarakat. Oleh karena itu, perlu adanya penyuluhan mengenai dukungan kesehatan masyarakat secara psikologis.

“Kami melaksanakan kegiatan ini untuk memberikan tambahan pengetahuan kepada masyarakat mengenai manjemen stres, dan tim kami terdapat dari Psikolog yang akan membantu masyarakat dalam mendeteksi secara dini gangguan secara psikologi yaitu Sitti Mikarna Kaimuddin, dimana kegiatan ini dipandu oleh anggota tim lain yaitu Fitriani” jelas Ramadhan Tosepu kepada awak media ini, Kamis, 5 November 2020.

Masyarakat Kelurahan Tobimeita saat mengikuti penyuluhan

Selain itu, masyarakat Kota Kendari juga mengalami kecemasan dan timbulnya rasa takut dalam melakukan interaksi ataupun beraktifitas terutama di luar rumah. Terkait hal itu, dibutuhkan edukasi melalui layanan psikologi untuk mengurangi rasa takut dan cemas yang berlebihan dan beralih pada pola pikir kehati-hatian dalam menghadapi pandemik covid-19. Komunikasi, koordinasi, kontribusi dan kepatuhan pada protokol kesehatan merupakan bagian dari kesiapan diri dalam menghadapi pandemik covid-19 ini.

Dalam kegiatan ini, masyarakat diminta untuk menuliskan apa saja yang dirasakan selama menghadapi covid 19, sehingga psikolog mampu memberikan masukkan apa saja yang harus dilakukan oleh masyarakat dalam menghadap covid 19 ini.

“Ternyata mayoritas masyarakat mengalami stres dalam menghadapi pandemik covid ini, karena harus menghadapi anak yang sekolah online, pemasukan berkurang, aktivitas terbatas, harus menggunakan masker tiap beraktivitas, dan beberapa perasaan lain yang dirasakan,” ujar Ramadhan Tosepu.

Untuk diketahui, PKMI-UHO ini beranggotakan, Djafar Mey, Sitti Mikarna Kaimuddin dan Fitriani. Hasil dari penyuluhan ini akan dipublikasiakn pada jurnal nasional.(b)

Penulis: Husain

NEWS FEED