oleh

DP3A Konut Tingkatkan Pelayanan Terhadap Perempuan dan Anak

PENASULTRA.COM, KONAWE UTARA – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Konawe Utara (Konut) berupaya meningkatan kualitas pelayanan dan pendampingan korban kekerasan.

Kepala Dinas DP3A Konut, Martina mengatakan pelayanan pemenuhan hak terhadap perempuan dan anak korban kekerasan akan terus dilakukan untuk melindungi kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Kami selalu memediasi jika ada kekerasan terhadap perempuan baik secara adat maupun secara kekeluargaan. Kami mencarikan solusi agar kejadian ini tidak terulang lagi dan dapat rujuk kembali, kecuali kalau prosesnya sudah masuk diranah hukum,” kata Martina, Selasa 8 Oktober 2019.

Baca Juga:  LPSK Lindungi Remaja yang Diduga Jadi Korban Perdagangan Orang di Buton Utara

Ia menyebut, sepanjang 2017, ada 23 kasus yang terjadi. 2018 tinggal lima kasus kekerasan. Sedangkan di 2019 tinggal dua kasus saja. Dan selama tiga tahun ini kasus kekerasan mengalami penurunan.

“Setelah kami melakukan penelitian, penyebab kekerasan di Konut sebagian besar disebabkan oleh perempuan. Dan kebanyakan perempuan tidak bisa menempatkan dirinya sebagai ibu rumah tangga. Sehingga terjadi proses KDRT,” tambah Martina.

Baca Juga:  Kekerasan Terhadap Anak di Konsel Diprediksi akan Terus Meningkat

Sementara kasus kekerasan dan pelecehan terhadap anak terjadi, sambung Martina, disebabkan dikarenakan kurangnya pengawasan orang tua terhadap anaknya.

“Saya menghimbau kepada guru dan orang tua untuk selalu komunikasi agar mereka selalu bekerja sama,” tutup Martina.(b)

Penulis: Iwan
Editor: Bas

NEWS FEED