oleh

Dua Petani Muda Asal Mubar Sulap Kelor Jadi Kapsul dan Teh

PENASULTRA.COM, MUNA BARAT – Akhir-akhir ini kelor di Tanah Muna mulai mendapat panggung. Kelor yang tadinya hanya sekadar diolah sebagai sayur bening, kini tersentuh usaha kreatif. Salah satu petani di Desa Lupia, Kecamatan Kabangka, Kabupaten Muna telah berhasil membuat teh berbahan dasar kelor.

Ternyata, tidak hanya di Kabupaten Muna, di Kabupaten Muna Barat pun pengolahan kelor tengah dikembangkan. Adalah Syahril Ugusandi dan La Ode Abdul Wahid. Dua Petani Mubar ini, menyulap kelor menjadi kapsul dan teh.

Syahril Ugusandi menuturkan, pengetahuan membuat kapsul dan teh berbahan kelor, didapatkan saat mengikuti pelatihan di Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

“Awalnya kami ikut pelatihan di Blora, Jawa Tengah. Di sana ada pusat pembelajaran budidaya dan pengolahan kelor. Kami berangkat di sana Agustus tahun lalu. Setelah pulang, kami langsung praktek bikin teh kelor, kopi kelor, jahe kelor dan kapsul, tapi yang baru dipasarkan hanya teh kelor dan menyusul kapsul,” tutur Syahril saat ditemui di rumah produksi Moringa Muna, Desa Marobea, Kecamatan Sawerigadi, Kabupaten Muna Barat, Minggu, 14 Juni 2020.

Kapsul dan Teh Kelor hasil olahan petani muda asal Mubar

Rekan Syahril, La Ode Abdul Wahid menambahkan, pengolahan produk kelor di Muna Barat agar semakin berkembang, perlu campur tangan pemerintah.

“Sekarang kami bikin seadanya. Kami pake alat-alat seadanya. Jadi, yang berani dipasarkan barusan teh kelor dan kapsul kelor. Sebenarnya, kami bisa bikin produk lain lagi, untuk di pasarkan di Luar Muna. Tapi, kami masalahnya di alat. Makanya, perlu Pemda yang turun tangan biar bisa berkembang,” ungkap La Ode Abdul Wahid.

Seperti diketahui, kelor telah dinyatakan oleh WHO sebagai tanaman ajaib karena kekayaan nutrisi dan manfaatnya. Beragam penetilian ilmiah sudah membuktikannya. Belum lama ini, peniliti Universitas Indonesia (UI) dan Institut Pertanian Bogor (IPB) menemukan tiga bahan alami yang dianggap dapat menangkal covid-19. Salah satunya kelor.

Penulis: Relis

Komentar

NEWS FEED