oleh

Gempa Bumi Goncang Konkep dan Kendari

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Gempa Bumi Tektonik kembali menguncang Konawe Kepulauan bahkan hingga Kota Kendari, Rabu 3 Oktober 2018 malam.

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (GMKG) Kota Kendari, gempa bumi terjadi pada pukul 21:25 Wita berkekuatan 3.9 Magnitude.

“Lokasi pusat gempa berada di laut, 50 Km Timur laut Kendari, pada koordinat 3,76 LS – 123.03 BT pada kedalaman 10 km,” kata Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia melalui rilisnya, Rabu 3 September 2018.

Baca Juga:  Wabup Konkep: Jangan Mengharamkan Gaji yang Halal

Ditinjau dari lokasi episenter dan kedalaman sumber gempa, kata Rosa, disebabkan oleh akibat aktifitas sesar Lawanopo.

Sementara dari hasil pemodelan shakemap, getaran gempa bumi diperkirakan dirasakan pada skala I SIG (Skala Intensitas Gempabumi) atau setara II MMI di Kendari dan Pulau Wawonii (Konkep) yang berdekatan dengan lokasi sumber gempa bumi.

Peta koordinat gempa di Konkep dan Kendari

“Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh orang banyak, benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan jendela kaca bergetar. Informasi masyarakat yang diterima di BMKG, getaran gempa bumi dirasakan lemah-sedang di Kendari dan di Wawonii,” bebernya.

Baca Juga:  Tujuh Paguyuban Daerah Ramaikan Pekan Kebudayaan di Kendari

Ia menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG.

Salah satu warga Wawonii Konkep, Iskandar mengaku, merasakan adanya getaran gempa di wilayah Konkep. Meski tidak terlalu keras namun cukup membuat panik warga.

“Gempanya tidak terlalu kencang, tapi cukup membuat warga panik,” kata Iskandar melalui pesan WhatsAppnya, Rabu 3 Oktober 2018 malam.(b)

Penulis: Nanang Sofyan
Editor: Yeni Marinda

NEWS FEED