oleh

Genjot Pariwisata, Disbudpar Kendari Gelar Pelatihan Pemandu Wisata

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Untuk menggenjot pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Kendari menggelar pelatihan pemandu wisata recreation/theme park (atraksi hiburan).

Pelatihan yang diikuti 40 peserta tersebut diadakan pada salah satu Hotel di Kendari, Kamis 7 November 2019.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kendari, Fauziah A. Rachman mengatakan, pelatihan ini berdasarkan Peraturan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) nomor 4 tahun 2019 tentang teknis penggunaan dana alokasi khusus (DAK) non fisik Kementerian Pariwisata.

“Kegiatannya dilaksanakan selama tiga hari, mulai hari ini,” kata Fauziah, Kamis 7 November 2019.

Tujuannya tak lain untuk memberikan pemahaman serta edukasi kepada para pemandu wisata, agar lebih siap lagi menyambut kedatangan para wisatawan domestik dan manca negara.

Apalagi, Ia menilai, saat ini para pemandu masih minim akan pemahaman dan pengenalan terhadap potensi wisata di Kota Kendari.

“Padahal potensi wisata di Kota Kendari ini sangatlah besar,” bebernya.

Fauziah berharap, kedepan tak ada lagi wisatawan yang nampak kebingungan ketika mengunjungi tempat-tempat wisata di Kota Kendari, apalagi karena tak mendapatkan informasi yang jelas terkait destinasi dan pusat oleh-oleh oleh pemandu wisata.

“Yah semoga kedepannya jumlah peserta pelatihan seperti ini akan bertambah. Agar warga Kota Kendari tidak kesulitan lagi memandu wisatawan yang datang,” ujarnya.

“Saya juga berharap para pemandu yang telah mengikuti pelatihan dapat menyampaikan kepada keluarga mereka, bagaimana cara menyambut wisatawan secara baik dan benar,” tutupnya.

Untuk diketahui, pemandu wisata adalah seseorang yang bertugas memberikan bimbingan, penjelasan dan petunjuk tentang objek wisata serta membantu keperluan wisatawan lainnya.

Penulis: Yeni Marinda

NEWS FEED